Berita


2017-03-06   995

3 Cara Mengajarkan Anak agar Hidup Hemat

Memberikan pengetahuan tentang uang ke anak harus dimulai sedini mungkin, tujuannya untuk mengajarkan anak kamu mengatur keuangannya. Kamu bisa melatih mereka untuk memakai uangnya dengan bijak dan belajar berhemat dengan menggunakan cara yang mudah seperti:

  1. Menabung di Bank

Kamu bisa mengajak mereka untuk membuka rekening tabungan di Bank, kamu bisa buka rekening khusus yang dibuat untuk anak-anak. Cara ini bisa membantu anak kamu belajar berhemat dan enggak menggunakan uang secara berlebihan, karena kalau menabung di Bank, anak kamu harus mengambil uang ke ATM atau bahkan langsung ke Bank.  Selain itu, anak kamu juga akan merasa mendapat penghargaan karena menabung di Bank itu bisa mendapatkan bunga setiap bulannya, dan ini juga bisa memotivasi anak untuk lebih banyak menabung.

  1. Tentukan Prioritas

Anak-anak pasti selalu minta dibelikan sesuatu dan biasanya  mereka minta harus ada saat itu juga, tapi setelah dibeli ternyata barang itu enggak digunakan. Perilaku ini kalau dibiarkan bisa bikin anak kamu punya kebiasaan yang boros, makanya kamu perlu mengajarkan anak untuk bisa menentukan prioritas. Setiap anak kamu meminta sesuatu, coba kamu ajarkan dia untuk memikirkan lagi apakah dia benar-benar membutuhkan barang itu atau enggak, dan ajarkan juga apa yang sebenarnya lebih dia butuhkan. 

  1. Ajarkan untuk Pakai Uang Tunai

Sekarang ini penggunaan uang tunai mulai banyak dikurangi karena kamu bisa bertransaksi lebih mudah pakai kartu debit dan kartu kredit. Belanja pakai kartu ini bikin kamu enggak sadar berapa banyak uang yang kamu keluarkan saat membayar, maka dari itu kamu bisa ajarkan ke anak kamu untuk selalu pakai uang tunai setiap membayar sesuatu. Penggunaan uang tunai ini bisa buat anak kamu sadar berapa banyak uang yang dikeluarkannya untuk berbelanja, dan dengan begitu mereka bisa belajar untuk menekan belanjanya dan hidup lebih hemat.

Anak kamu pasti akan mencontoh dari orang tuanya, makanya kamu juga perlu menerapkan ini di kehidupan sehari-hari. Sebisa mungkin kamu dan pasangan juga bekerjasama untuk sama-sama mengajarkan anak biar enggak berperilaku boros dan enggak selalu menuruti permintaannya. Biar anak kamu lebih semangat untuk menerapkan pola hidup hemat ini, kamu bisa berikan penghargaan ke mereka saat mereka berhasil mengelola uangnya sendiri.