Berita


2017-06-06   705

3 Cara Siapkan Investasi untuk Anak

Anak dianggap sebagai anugerah yang tak ternilai oleh mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri. Adanya anak dalam kehidupanmu pastinya jadi suatu kebahagiaan tersendiri tapi juga kamu perlu memikirkan kebutuhannya. Selain kebutuhannya saat ini, kamu juga perlu memikirkan kebutuhan anak saat tumbuh menjadi dewasa seperti biaya pendidikan. Biaya pendidikan yang terus meningkat ini pastinya perlu kamu persiapkan dengan baik mulai dari saat ini, kamu bisa mempersiapkan investasi dana anak dengan menggunakan beberapa cara seperti:

1. Tabungan

Berinvestasi dengan cara menyimpan dana di rekening tabungan adalah cara yang paling banyak dipilih oleh para orang tua. Prosesnya mudah karena kamu hanya diharuskan membuat rekening untuk menyimpan dana tersebut. Tidak ada jumlah minimum dan dapat diambil kapan saja saat kamu membutuhkan. Beberapa Bank memberikan bunga antara 1-2 persen. Kecil memang, namun jika dalam waktu yang cukup lama, jumlah dana kamu akan bertambah.

2. Deposito

Hampir sama dengan tabungan, kamu menyimpan uang di bank dengan jumlah bunga yang lebih besar. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan dana yang lebih. Tapi menyimpan uang di bank melalui deposito memiliki syarat khusus seperti jumlah minimun dana yang harus disimpan dan sifatnya yang tidak bisa diambil kapan saja karena hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu seperti per satu bulan, tiga bulan atau bahkan per satu tahun.

3. Asuransi Pendidikan

Cara lainnya yang lebih untuk berinvestasi bagi masa depan anak kamu adalah dengan mengikuti asuransi pendidikan. Pemilik asuransi ini adalah orang tua si anak yang direncanakan dana pendidikannya kelak, dengan kewajiban membayar sejumlah premi dalam waktu yang sudah ditentukan yang nantinya dana tersebut dapat digunakan saat si anak akan memasuki jenjang sekolah mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi. Dan jika pemilik meninggal dunia, dana tersebut akan tetap diberikan kepada keluarga tanpa harus membayar premi lagi. Itulah salah satu kelebihan asuransi pendidikan yang sesuai dengan fungsinya sebagai proteksi.