Berita


2017-02-27   705

5 Cara Efektif untuk Bantu Kamu Menabung

Sejak kecil kita selalu diajarkan orang tua untuk menabung, tapi menabung ini memang sulit dilakukan kalau kamu enggak punya niat yang kuat. Pasti ada saja godaan untuk memakai uang tabungan kamu, sampai kamu enggak sadar kalau uang tabungan kamu semakin menipis. Tapi tenang, buat kamu yang masih susah menabung, berikut ini ada lima cara efektif yang bisa kamu coba.

  1. 1.         Buat Anggaran

Membuat anggaran setiap bulan dari penghasilan yang kamu terima ini bisa bantu kamu untuk menabung, pisahkan kebutuhan kamu seperti kos, makan, bensin, dan hiburan. Jangan lupa anggarkan juga untuk tabungan, jangan sampai kamu menabung kalau ada sisa karena pasti kamu lebih susah untuk menekan pengeluaran. Awalnya ini akan terasa berat, tapi nantinya kamu akan terbiasa untuk menyisihkan pendapatan kamu dan disimpan sebagai tabungan. 

  1. 2.         Selesaikan Tagihan

Biar kamu lebih tenang dan enggak berperilaku boros, sebaiknya kamu selesaikan dulu semua tagihan rutin kamu setiap bulannya. Setelah kamu dapat uang, langsung bayarkan semua tagihan itu karena dikhawatirkan kalau kamu menunda pembayaran tagihan, uang untuk membayar tagihan itu malah kamu pakai dan akhirnya kamu menunda tagihan atau menggunakan jatah uang tabungan kamu.

  1. 3.         Buat Autodebet

Kalau kamu memang tipe yang sangat sulit menahan diri untuk enggak memakai uang tabungan, enggak ada salahnya kamu coba menggunakan jasa perbankan. Minta agar Bank tempat kamu menabung untuk mengunci sebagian tabungan kamu setiap bulannya jadi kamu enggak akan bisa pakai uang tabungan itu. 

  1. 4.         Simpan Uang Receh

Banyak orang yang menelantarkan uang receh karena dianggap kecil nilainya, tapi coba kamu bayangkan kalau uang receh itu jumlahnya banyak? Pasti nilainya juga lebih tinggi kan? Nah, uang receh ini juga bisa jadi alternatif tabungan, karena uang receh ini juga bisa bikin tabungan kamu bertambah. 

  1. 5.         Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Jangan terlena sama penawaran dari kartu kredit, kartu kredit memang bisa membatasi pemakaian uang tunai. Tapi bukan berarti kamu enggak perlu membayar, karena tagihan kartu kredit akan keluar setiap bulannya dan harus segera kamu bayar. Ini jelas bisa mengurangi jatah uang untuk tabungan kamu, makanya sebisa mungkin batasi penggunaan kartu kredit atau bahkan jangan menggunakannya lagi.

http://www.bankrate.com/finance/savings/save-money-on-a-tight-budget-1.aspx