Berita


2017-06-01   745

5 Cara Mudah Menabung Uangmu

Menabung jadi salah satu hal yang mudah di ucapkan tapi sulit untuk dilakukan, pasti ada saja hal-hal yang membuat kamu batal untuk menabung. Menabung itu sangat penting untuk kehidupan kamu di masa yang akan datang, tapi kalau kamu tidak terbiasa menabung pasti akan terasa sulit melakukannya. Buat kamu yang mau belajar menabung, berikut ini ada 5 cara mudah biar kamu bisa menabung uangmu.

  1. Lebih Cerdas Berbelanja

Salah satu hal yang sering membuat tabungan kamu tidak bertambah adalah kebiasaan berbelanja. Untuk itu kamu perlu mengatur keuangan kamu terutama dalam hal berbelanja, belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan, jangan membeli barang yang hanya kamu inginkan tapi sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkannya. 

  1. Simpan Uang Kembalian

Biasanya ketika kamu belanja, kamu akan dapat uang kembalian receh atau uang koin. Uang koin ini biasanya kamu abaikan begitu saja karena dianggap kurang bernilai, padahal uang koin itu kalau dikumpulkan bisa jadi banyak dan bisa kamu tukarkan ke Bank. Maka dari itu cobalah mulai sekarang untuk simpan uang koin kembalian kamu dalam satu wadah, kalau sudah banyak, kamu bisa hitung jumlahnya. Cara ini juga bisa jadi cara mudah untuk kamu menabung uang tanpa kamu sadari. 

  1. Lunasi Semua Kebutuhanmu

Kamu bisa mencoba membuat kebutuhan bulanan kamu, tulis semua keperluan yang kamu butuhkan setiap bulan dan lunasi semua pengeluaran wajibmu. Catat berapa jumlah uang yang wajib kamu keluarkan, setelah itu kamu bisa ambil 10 persen dari sisanya untuk kamu simpan sebagai tabungan. 

  1. Tujuan Menabung

Menabung memang sulit dilakukan terlebih kalau kamu tidak punya tujuan, untuk itu kamu bisa membuat tujuan kamu menabung. Menentukan tujuan menabung itu bisa jadi motivasi kamu untuk melakukannya, jadi kamu tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tabungan itu. 

  1. Pakai Autodebet

Sekarang ini banyak Bank yang menawarkan untuk kamu bisa menabung secara paksa atau dikenal dengan Autodebet. Jadi uang kamu akan otomatis tersimpan dalam jumlah tertentu dan kamu tidak bisa mengambil uang itu dalam jangka waktu tertentu. Cara ini efektif untuk kamu yang benar-benar kesulitan untuk menabung.