Berita


2017-03-20   714

Berkontribusi Pada Bangsa Melalui Sociopreneur

Sociopreneur atau social entrepreneur adalah bisnis yang dijalankan dengan mempertimbangkan lingkungan sosial dalam setiap kebijakan yang dibuat dan dilaksanakan. Bisnis yang dilakukan ini juga sebagian besar penghasilannya dipakai untuk mencapai tujuan sosial.

Sociopreneur ini sudah banyak dikembangkan di negara maju terutama Eropa, selain itu sociopreneur sekarang ini juga sudah jadi isu global yang ternyata berdampak baik pada lingkungan sekitar baik lingkungan itu sendiri dan juga masyarakatnya. Di Indonesia sebenarnya konsep sociopreneur ini sudah diterapkan sebelum Indonesia merdeka, contohnya Taman Siswa, Serikat Dagang Islam, dan Sekolah Kartini.

Organisasi itu disebut sebagai sociopreneur karena didirikan dengan mengedepankan tujuan sosial seperti pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sociopreneur yang ada sebelum Indonesia merdeka ini juga punya andil yang cukup besar dalam mewujudkan kemerdekaan kita. Nah, kalau di zaman dahulu saja sociopreneur bisa membantu menyejahterakan masyarakat bahkan sampai mendukung terciptanya kemerdekaan, itu berarti di zaman sekarang juga kamu bisa melakukan bisnis sociopreneur ini dan beri dampak positif ke lingkungan sekitar kamu.

Sekarang ini bisnis sociopreneur di Indonesia sudah mulai berkembang, perkembangan sociopreneur ini pasti bisa memberikan dampak yang positif untuk semuanya. Bukan hanya masyarakat yang kesejahteraannya dapat terbantu, tapi bisnis sociopreneur juga mampu mengurangi ketimpangan sosial yang cukup tinggi. Selain itu, banyak dikembangkan ajang kompetisi yang diikuti pemuda Indonesia dengan tema sociopreneur, dengan banyaknya kegiatan yang mendukung pertumbuhan sociopreneur di Indonesia, diharapkan kedepannya dapat membantu membuat kesejahteraan lebih merata di setiap daerahnya dan bisa memberikan kontribusi yang positif untuk bangsa.