Berita


2017-05-22   745

Boedi Cahyono, Ubah Kotoran Sapi jadi Lebih Bernilai

Boedi Cahyono yang merupakan salah satu pemenang dari Danamon Social Entrepreneur Awards 2016 ini membuat instalasi reaktor biogas di Indonesia menggunakan limbah kotoran sapi. Pria bernama lengkap Bambang Boedi Cahyono yang lahir di Lumajang, 19 Februari 1976 ini sudah menjadi bos dari CV. Energi Persada yang bergerak dibidang instalasi biogas.

Keberhasilan Boedi ini dimulai saat dirinya prihatin dengan banyaknya limbah kotoran sapi yang ada di daerahnya yaitu Lembang, Bandung . Daerah tempat tinggal Boedi memang menjadi tempat peternakan sapi, tetapi lama-kelamaan limbah dari kotoran sapi ini mulai mencemari lingkungan terutama sungai karena limbah kotorannya langsung dibuang begitu saja.

Rasa prihatin Boedi ini kemudian mendorongnya untuk mencari solusi dari masalah pencemaran lingkungan yang terjadi di daerahnya, saat mencari informasi pengolahan limbah, sampailah Boedi pada teknologi biogas. Boedi mengembangkan idenya ini dengan membuat teknologi biogas skala rumahan, teknologi biogas buatan Boedi ini digunakan sebagai energi alternatif peternakan sapi.

Tapi ide untuk memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas ini ternyata bisa menjadi ladang bisnis, karena permintaan alat untuk mengubah kotoran sapi menjadi biogas ini cukup tinggi. Boedi bekerjasama dengan KPSBU telah berhasil memproduksi peralatan yang dibutuhkan untuk membuat biogas seperti kompor, sambungan pipa, pengukur tekanan, dan kran biogas.

Dari idenya ini, Boedi telah berhasil mengatasi pencemaran lingkungan akibat kotoran sapi dan juga membantu warga mengurangi konsumsi gas, minyak tanah atau bahan bakar lainnya. Selain itu, Boedi juga berhasil meraup keuntungan yang cukup besar dari keuletannya selama ini yang telah berhasil mencari solusi dan mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungannya