Berita


2017-03-30   705

Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Sociopreneurmu

Bisnis sociopreneur biasanya melibatkan kelompok masyarakat agar bisa sama-sama membangun kelompok usaha dan mencapai kesuksesan bersama. Tapi untuk berkembang dan mencapai kesuksesan itu enggak mudah, karena kebanyakan bisnis yang berbasis sosial itu masih berskala kecil. Tapi bukan berarti kamu enggak bisa mewujudkan cita-cita untuk mengembangkan bisnis sociopreneurmu. Berikut ini cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis sociopreneurmu.

  1. Kembangkan Produk

Dunia bisnis itu selalu bergerak atau dinamis, jadi kamu sebagai pelaku bisnis harus jeli melihat peluang yang ada. Kalau kamu sudah berhasil menjual produk yang kamu buat, sekarang saatnya kamu mengembangkan produk itu. Kamu bisa membuat produk pendukung dari bisnis yang kamu lakukan, misalnya sebelumnya kamu buat keripik pisang, kamu bisa mengembangkan produk olahan pisang lainnya seperti cake pisang.

  1. Kembangkan Pasar

Mengembangkan bisnis kamu itu bukan hanya perlu inovasi di produk yang kamu buat, tapi juga pangsa pasar yang semakin luas. Selain menjual produk kamu secara langsung, kamu juga bisa menjual hasil produksi kamu itu melalui media online, tapi kamu juga sebaiknya memperhatikan kebutuhan konsumen yang sudah masuk di pasar kamu. Karena semakin mereka mencintai produk kamu, maka semakin besar kemungkinan mereka mempromosikan produk kamu.

  1. Ikut Komunitas Bisnis

Masuk ke komunitas bisnis juga bisa bantu kamu untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani, dari komunitas ini kamu bisa mengenal banyak pebisnis lainnya dan bertukar pengalaman dengan mereka. Kamu juga bisa lebih tahu apa yang sedang terjadi di pasar, dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu alami saat menjalani bisnis sociopreneurmu.

  1. Promosi

Pengenalan produk ke masyarakat yang lebih luas ini penting untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar kamu. Kamu bisa pakai berbagai macam media untuk promosi seperti radio, tv, atau website sendiri untuk membuat produk kamu dikenal banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa promosikan produk kamu dengan penawaran menarik yang kamu berikan, misalnya beli satu gratis satu atau diskon untuk pembelian kedua.

  1. Buka Cabang

Saat produk buatan kamu berhasil menembus pasar yang lebih luas dan mulai banyak permintaan, enggak ada salahnya kamu membuka cabang baru di daerah lain yang peminatnya tinggi. Dengan begitu, bisnis sociopreneur yang kamu jalankan bisa lebih mudah berkembang menjadi lebih besar dan dikenal masyarakat banyak.

Mengembangkan bisnis memang enggak mudah, terlebih bisnis yang berbasis sosial karena kamu perlu menyelaraskan antara bisnis dan dampaknya dalam kehidupan sosial. Tapi bukan berarti kamu enggak bisa mengembangkan bisnis sociopreneur kamu, selama masih ada kemauan dan mau berusaha, kamu pasti bisa mewujudkannya.