Berita


2016-12-22   626

Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Orang Tua Baru

Sebagai orang tua pasti kamu mau memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk juga banyak melakukan investasi. Tapi enggak sedikit orang tua baru yang agak berlebihan melakukan investasi, dan mengalami masalah umum yang sering terjadi di investasi pertamanya. Sebelum terlanjur, sebaiknya kamu memperbaiki kesalahan biar investasi yang kamu lakukan bisa bermanfaat untuk kamu dan keluarga di masa depan.

  • Rencana jangka panjang

Investasi memang baik untuk masa depan, tapi kamu juga perlu mempertimbangkan segala kemungkinan yang akan terajadi . Jangan sampai kamu melakukan investasi melebihi kesanggupan kamu dan pasangan, karena kamu enggak akan tahu akan ada pengeluaran mendadak atau enggak. Jadi lakukan investasi sesuai kesanggupan kamu, jangan sampai kamu malah berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

  • Masa pensiun

Memikirkan pendidikan anak di masa depan memang baik, tapi kamu juga perlu memikirkan kesejahteraan kamu setelah memasuki masa pensiun. Jangan sampai kamu mengabaikan kesejahteraan kamu di masa depan, jadi bijaklah untuk berinvestasi dan tetap memprioritaskan anak tanpa menggeser prioritas kamu sebagai orang tua. 

  • Mengajarkan anak menabung

Enggak ada istilah terlalu dini untuk mengajarkan anak menabung, tapi enggak sedikit orang tua yang mengajarkan anaknya untuk mulai menabung. Sebenarnya kamu bisa mengajarkan mereka untuk menabung dengan cara memberi celengan dan mewajibkan mereka untuk menyisihkan uang jajannya, kamu juga bisa mengajak mereka menyetorkan uang celengannya ke bank setiap 3 bulan sekali. Menabung di bank bisa membuat mereka mengerti tentang keuntungan menabung di bank dan mereka juga bisa lebih menghargai uang dan belajar penganggaran.

Mulai sekarang kamu harus bisa memperbaiki kesalahan investasi yang umum dilakukan oleh orang tua baru. Investasi jangka panjang memang diperlukan, makanya kamu harus bijaksana untuk memikirkan semuanya biar kamu dan anak bisa sama-sama sejahtera di kemudian hari.