Berita


2017-05-29   995

Mengembangkan Merek Dagang untuk Bisnis Sociopreneurmu

Menjalani bisnis sociopreneur juga membutuhkan strategi untuk pengembangan bisnisnya, salah satu yang dapat membuat produk sociopreneur lebih dikenal adalah dengan menggunakan merek dagang.  Merek dagang jadi aset yang bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk buatan kamu.

Sebenarnya apa itu merek dagang? Merek dagang adalah nama, simbol, atau desain yang menjelaskan produk buatan kamu dan jadi pembeda antara produk buatanmu dengan produk milik pengusaha lainnya. Jadi, adanya merek dagang ini bisa membuat konsumen lebih mudah mengingat produk buatanmu. Merek dagang ini juga perlu dikembangkan agar lebih dikenal lebih luas lagi, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan merek dagangmu.

  • Inovasi

Setiap produk pasti membutuhkan inovasi, meskipun produk olahan kamu sudah dikenal masyarakat luas. Kamu bisa membuat inovasi rasa, bentuk, atau warna di produk olahan kamu.

  • Sosial Media

Selain produk yang berkualitas dan inovasi produk, sosial media juga bisa jadi alat untuk membantu mengembangkan merek dagangmu. Sosial media dianggap efektif sebagai media pemasaran produk buatan kamu dengan cara fokus membuat konten yang berkualitas dan membangun komunikasi yang konsisten antara kamu dengan calon konsumen. 

  • Perluas Networking

Sebenarnya membangun networking ini tidak sulit, kamu cukup berinteraksi dengan banyak orang dan melakukan pendekatan ke mereka. Kamu tidak perlu jualan produk buatanmu secara langsung ke mereka, kamu cukup memperkenalkan merek dagang yang kamu punya ke calon investor atau calon pembeli produk buatan kamu. 

  • Masuk Komunitas

Salah satu yang bisa mambantu mengembangkan merek dagang kamu adalah masuk ke dalam komunitas, cara ini efektif untuk memperkenalkan merek dagang kamu karena kamu lebih dekat dengan konsumen.

Mengembangkan merek dagang memang perlu tahapan atau proses yang tidak sebentar, untuk itu kamu harus bersabar dan jangan pernah menyerah untuk mengenalkan produk kamu ke calon konsumen