Berita


2016-12-26   705

Suka Berinvestasi? Turunkan Pengetahuanmu Kepada Anak-anak

Investasi jadi cara terbaik untuk menghindari kehidupan yang enggak layak di kemudian hari, makanya enggak heran kalau sekarang banyak orang yang mulai berinvestasi. Tapi investasi lebih baik dikenalkan dan ditanamkan dari usia dini, biar anak-anak terbiasa untuk memetakan kebutuhannya dari kecil. Sekarang, bagaimana caranya untuk mengajarkan investasi ke anak-anak? Simak tips berikut ini.

  1. Apa yang diinginkan dan bagaimana caramendapatkannya?

Anak-anak pasti menginginkan sesuatu yang mau ia miliki, kamu bisa mengajarkan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Misalnya mereka mau punya sepeda, kamu bisa mengajarkan mereka untuk menyisihkan uang yang dimiliki dan ditabung, setelah uangnya terkumpul baru kamu bisa membelikan mereka sepeda. Jadi anak-anak belajar menyisihkan pendapatannya untuk mendapatkan yang mereka mau. 

  1. Ajarkan tentang konsep bunga

Kamu juga bisa mengajarkan anak tentang konsep bunga, bagaimana bunga bisa membuat investasi kamu bertambah dalam jangka waktu tertentu. Ajarkan pada anak kalau menyimpan dari waktu produktif bisa membuat nilai investasi terus bertambah bahkan kalau kamu tidak menambah nilai investasi itu sendiri, bagaimana kalau investasi kamu ditambah? Pasti hasil yang didapatkan bisa lebih banyak. 

  1. Beri contoh

Anak-anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan, kalau kamu mau anak kamu belajar tentang investasi dari usia dini, maka kamu juga harus bisa mengajarkan mereka secara langsung lewat apa yang kamu lakukan. Ajari konsep hidup hemat dan menahan diri untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya enggak dibutuhkan.

Investasi memang belum bisa dirasakan langsung manfaatnya ketika kamu mulai melakukan investasi, tapi dalam jangka panjang kamu bisa memetik hasil dari investasi yang kamu lakukan. Makanya kamu juga perlu mengajarkan anak untuk bersabar memetik hasil dari investasi yang mereka lakukan.