Berita


2017-04-03   995

Sumber Dana untuk Memulai Bisnis Sociopreneurmu

Menjadi pengusaha yang bisa memberikan dampak positif ke lingkungan masyarakat sekitar pasti sangat membanggakan dan membahagiakan diri kamu sendiri karena kamu bisa meraih sukses bersama dan membuat banyak orang menjadi lebih mandiri. Tapi masalah mendirikan bisnis sociopreneur ini juga sama seperti bisnis biasa yaitu dana, dana jadi ujung tombak untuk kamu memulai bisnis apapun. Nah, dari mana kamu bisa mendapatkan sumber dananya? Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu jadikan sumber dana untuk memulai bisnis sociopreneurmu:

  • Tabungan

Tabungan pribadi kamu ini bisa kamu jadikan sumber dana untuk memulai bisnis sociopreneurmu, tapi dengan catatan tabungan pribadi kamu cukup untuk membiayai produksi sampai beberapa bulan kedepan. Makanya kalau kamu punya rencana untuk membangun bisnis sociopeneur, ada baiknya kamu mulai menyisihkan pendapatan kamu. 

  • Kemitraan

Mambangun kemitraan juga jadi salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan sumber dana, kamu bisa membuat proposal kerjasama untuk memulai bisnis sociopreneur bersama. Rencana bisnis yang menarik dengan tujuan yang jelas pasti bisa menarik banyak investor untuk menyokong bisnis sociopreneur yang akan kamu jalankan. 

  • Pinjaman

Pinjaman jadi pilihan terakhir disaat dana yang kamu kumpulkan masih belum cukup untuk membiayai bisnis sociopreneur yang akan kamu buat, tapi selalu perhatikan kemampuan kamu untuk mengembalikannya, jangan sampai kamu malah terlilit hutang. Kamu bisa melakukan peminjaman dana di Bank, Pegadaian, atau bahkan Badan Usaha milik Pemerintah yang bisa memberikan pinjaman dana untuk mereka yang mau memulai usaha.

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri untuk berkembang, begitu juga bisnis sociopreneur yang akan kamu jalankan. Untuk itu kamu harus tetap semangat, kembangkan kemitraan yang solid biar tetap bisa bersaing dan berkembang serta bermanfaat untuk orang banyak.