Berita


2017-05-31   995

Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Masih Muda

Memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan itu harus disiapkan lebih dini atau semenjak kamu masih dalam usia muda. Di usia muda ini masih banyak hal yang bisa kamu lakukan dan rencanakan untuk masa depanmu agar menjadi lebih baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik secara finansial adalah bekerja, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dari usia muda agar bisa mendapatkah kehidupan finansial yang lebih mapan di masa depan.

  1. Cari tujuan hidup

Sebelum kamu menyelesaikan pendidikan dan bersiap masuk ke dalam dunia kerja, sebaiknya kamu tentukan dengan baik tujuan hidupmu. Ketahui kemampuan dirimu lebih dalam lagi biar kamu lebih tahu jalan mana yang harus kamu pilih. Kamu bisa pilih karir yang menawarkan jenjang karir yang baik mulai dari pertama kali kamu terjun ke dunia kerja. 

  1. Perhitungkan setiap pengeluaran Kamu

Banyak orang yang bekerja tapi masih merasa kekurangan uang terutama saat akhir bulan, untuk itu kamu perlu memperhitungkan setiap pengeluaranmu. Kamu bisa mencatat semua kebutuhanmu dalam satu bulan, pastikan jumlah pengeluarannya tidak lebih besar dari penghasilan kamu. 

  1. Berhati-hatilah saat menggunakan kartu kredit

Saat kamu sudah punya penghasilan sendiri, tidak jarang ada Bank yang menawarkan untuk membuat kartu kredit. Tapi memiliki kartu kredit bukan berarti kamu bisa pakai seenaknya, karena kamu harus bayar tagihannya nanti. Untuk itu berhati-hatilah dan bijak pakai kartu kreditmu. 

  1. Bersiap-siap menghadapi hal yang tidak terduga

Kita tidak pernah tahu akan terjadi apa dalam hidup kita termasuk hal-hal yang belum kamu duga sebelumnya, seperti tertimpa sakit atau kehilangan pekerjaan. Untuk itu, kamu perlu sisihkan sebagian penghasilan kamu sebagai dana tak terduga yang tujuannya pasti untuk mengurangi beban kamu saat terjadi hal seperti itu. 

  1. Belajar berinvestasi

Investasi itu penting terlebih untuk jangka panjang, maka dari itu kamu bisa belajar untuk berinvestasi. Kalau kamu belum punya modal yang besar, kamu juga bisa memulai investasi kecil-kecilan seperti investasi saham. Kamu harus jeli melihat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari modal yang kamu keluarkan.