Dr. Ninok Leksono, M.A

Akademisi – Rektor Universitas Multimedia Nusantara

Mengawali profesinya sebagai Jurnalis, Bapak Ninok Leksono pernah menjabat sebagai Editor Senior di Harian Kompas, redaktur senior majalah penerbangan Angkasa, serta pemimpin redaksi Kompas.com.

Sejak tahun 1993 sudah berkecimpung di dunia pendidikan, aktif menjadi dosen di berbagai universitas, seperti Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan (sebuah perguruan tinggi di bawah Kementerian Pertahanan), serta Universitas Multimedia Nusantara.

UMN dibangun untuk menjadi sebuah lembaga yang solid baik dari visi pengajar maupun penguasaan ilmu dan penguasaan bidang teknologi multimedia. UMN juga membentuk Business Incubator bernama Skystar Venture. Bukan hanya mencari saja, tapi juga menelurkan entrepreneur muda yang menargetkan early stage startups di bidang internet, mobile, social, education dan eCommerce.

Latar belakang pendidikan Bapak Ninok Leksono adalah lulus Ilmu Astronomi di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1975. Kemudian menyandang berbagai gelar seperti gelar Master bidang Teknologi Militer dan Doktor bidang Ilmu Politik ini punya obsesi besar yakni turut mendorong Indonesia menjadi negara berbasis industri kreatif. Master Ilmu Perang dari Department of War Studies King’s College, London. Pendidikan S3 jurusan Ilmu Politik di Universitas Indonesia.

Penghargaan yang pernah diterimanya antara lain penghargaan dari Unesco – Dewan Pers tahun 2009, penghargaan Sarwono Prawirohardjo dari LIPI, dipercaya menjadi penasihat di kalangan TNI, penghargaan Adhiwarta Rekayasa dari PII (Persatuan Insinyur Indonesia).