Restu Pratiwi

Bidang pembangunan

Ibu Restu Pratiwi mendapatkan gelar sarjana S1 nya di Universitas Indonesia, jurusan Chinese Studies pada tahun 1990. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan S2 di University of Hawaii di Manoa, Hawaii Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Arts pada tahun 1992.


Selama kurang lebih 14 tahun, Ibu Restu Pratiwi berpengalaman di berbagai bidang pembangunan, diantaranya project start up, program-program pengembangan dan program monitoring serta evaluasi. Saat ini, beliau bekerja sebagai konsultan independen dan pernah menyelesaikan beberapa program terkait pelayanan dasar kemanusiaan, termasuk diantaranya riset sosial ekonomi, penelitian sosial, penelitian dampak, strategy penyelesaian dan lainnya.


Beliau juga pernah bekerja sebagai Operation Analyst di Bank Dunia, Community Development Specialist di BHP Billiton dan Project Development Specialist bersama dengan USAID. Ibu Pratiwi bekerja keras untuk mengembangkan program dan strategi, sekaligus bekerjasama dengan badan-badan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga swadaya masyarakat serta komunitas donor.


Di Bank Dunia, selama periode Desember 2008 sampai Juni 2009,Ibu Pratiwi sebagai Operation Analyst Consultant, bertanggungjawab untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi dari berbagai sistem data dan menyiapkan laporan kepada tim manajemen terkait pengembangan komunitas.


Sementara itu di BHP Billiton, Ibu Pratiwi sebagai Community Development Specialist pada bulan Maret hingga Agustus 2008, bekerjasama dengan komunitas-komunitas dalam menyiapkan rencana pengembangan lokal serta mendampingi komunitas-komunitas dalam mengimplementasikan program pengembangan komunitas perusahaan. Sekaligus mengembangkan strategi CSR perusahaan, menyiapkan strategi komunikasi perusahaan, mempromosikan serta menyediakan praktek kepemimpinan dalam tata pengelolaan yang ‘bersih’ di dalam komunitas dan pemerintah regional dimana perusahaan beroperasi.


Sebagai Indonesia Project Development Specialist di United States Agency for International Development (USAID) Jakarta sejak Januari 1999 sampai Maret 2008, Ibu Pratiwi berpartisipasi dalam project pengembangan komunitas, mengawal proses monitoring dan evaluasi, serta menyiapkan rekomendasi aksi.


Ibu Pratiwi juga pernah bergabung dalam Indonesian Tourism Promotion Board pada Agustus 1998 sampai Januari 1999, dimana beliau mengumpulkan data-data kepariwisataan Indonesia, bekerjasama dengan pejabat pemerintahan dan sektor swasta, mengorganisasikan program seminar, menjalin kerjasama yang baik dengan media serta menyiapkan press release.