Nadine Zamira Sjarief - Miss Indonesia Earth 2009


Wanita kelahiran Jakarta, 20 Februari ini adalah seorang figur publik Indonesia, pelaku bisnis lingkungan dan aktivis lingkungan hidup. Ia merupakan Miss Indonesia Earth 2009 dan kemudian mewakili Indonesia dalam Miss Earth 2009. Saat ini Nadine menjabat sebagai direktur utama sekaligus pendiri dari LeafPlus, sebuah lembaga konsultasi komunikasi lingkungan hidup.

Sejak masih anak-anak, Nadine sudah diajari untuk memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Saat itu ia sempat bersekolah di Amerika Serikat dan di sekolahnya saat itu, para siswa diharuskan menjaga kebersihan terutama kebersihan kelas. Orang tua Nadine juga mengajarkan putrinya untuk memperhatikan kebersihan dan keasrian lingkungan sendiri yaitu rumah. Kebetulan rumah Nadine saat itu berada di sekitar lingkungan hijau Pegunungan Rocky, Colorado, Amerika Serikat.

Setamat menyelesaikan pendidikan SMA di SMU Seruni Don Bosco Jakarta, Nadine kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional. Usai lulus sarjana dengan predikat cum laude, Nadine kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil S1 di The London School of Public Relations.

Prestasinya di ajang publik diawali saat ia menjadi wakil I None Jakarta Selatan pada tahun 2006 dan wakil II None DKI Jakarta pada tahun yang sama. Ia kemudian mengikuti kontes Wajah Femina tahun 2007 dan terpilih sebagai Miss Fabulous Personality. Ia juga sempat mengikuti pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri pada tahun 2007 dan keluar sebagai juara harapan 1. Pada tahun 2009 Nadine mengikuti ajang Miss Indonesia Earth dan berhasil keluar sebagai pemenang serta berhak mewakili Indonesia di ajang Miss Earth 2009. Dalam ajang dunia tersebut, Nadine terpilih sebagai People's Choice Award oleh situs Missosology.org.

Nadine meneguhkan jenjang kariernya di bidang lingkungan hidup dengan bekerja sebagai Social and Environmental Executive The Body Shop Indonesia. Iapun banyak dipercaya menjadi nara sumber, motivator dan pembicara dalam berbagai acara bertemakan lingkungan hidup. Saat ini ia menjadi duta kampanye Diet Kantong Plastik dan produk tas pakai ulang BaGoes (Greeneration Indonesia). Pada akhir tahun 2010, Nadine mendirikan LeafPlus, sebuah lembaga konsultasi komunikasi lingkungan hidup. Melalui lembaga ini, Nadine berharap bisa mensosialisasikan gaya hidup hijau dan tanggung jawab lingkungan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.