Sulap Kotoran Sapi Jadi Bahan Bakar Alternatif, Cahyono Ciptakan Lahan Bisnis Baru

Limbah peternakan sapi perah di Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang turut mencemari Sungai Cikapundung yang mengalir ke Kota Bandung, membuat Cahyono prihatin. Dia kemudian membuat instalasi reaktor biogas untuk mengolah limbah atau kotoran sapi untuk meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan.

Untuk membuat instalasi tersebut, Cahyono berbagi ilmu dan memberi kesempatan bagi warga setempat untuk menjadi tenaga kerjanya. Instalasi reaktor biogas yang desainnya dibuat Cahyono bergaransi kontruksi  selama 1 tahun

Kini sekitar 2.500 kepala keluarga (KK) telah memanfaatkan instalasi reaktor biogas itu. Untuk membantu peternak mendapatkannya, sejak tahun 2010 Cahyono bekerjasama dengan koperasi peternak sapi perah di bandung yang anggotanya lebih dari 5.000 peternak.

Pria kelahiran Lumajang, Jawa Timur 19 Februari 1976 itu juga memberi lapangan kerja bagi warga dengan membangun bengkel produksi peralatan biogas seperti kompor, kran biogas, waterdrain, dan alat ukur tekanan biogas. Omzetnya per tahun sekitar Rp 4 milyar.