Berita


2015-03-02   1,147

10 Cara yang benar berinteraksi dengan konsumen

Bagaimana cara untuk menjaga pelanggan agar tetap setia dengan produk kita selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun? Atau bagaimana cara menjaga pelanggan untuk tetap mencari dan menggunakan produk Anda dan berkeinginan untuk membeli lagi? Memanjakan pelanggan dengan efektif dapat membantu Anda menjaga perhatian pelanggan.

Berikut adalah 10 cara untuk membuat keterlibatan pelanggan yang tidak hanya itu:

1. Berikan Antusiasme kepada Pelanggan

Saat seorang pelanggan senang dengan produk Anda, maka Anda pun harus melakukan hal yang sama. Jika ingin tetap memiliki pelanggan yang setia, maka Anda harus bisa memberikan nilai produk Anda bahwa sangatlah bermanfaat.

2. Buat Percakapan Dua Arah dengan Pelanggan

Hal yang berpotensi tentang produk Anda adalah bahwa Anda dapat memberikan pelanggan kepuasan. Pastikan Anda mendengarkan kritik para pelanggan Anda, terutama pada media sosial di mana perhatian kecil dapat meledak menjadi mimpi buruk. Membalas kritik dan pujian, menunjukan empati menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan Anda.

3. Menjadi Komunikator yang asertif dan tidak agresif

Ada tiga gaya utama komunikasi. Komunikator agresif mengalami kesulitan untuk mendengar keluhan, tidak empatik, dan dapat menyebabkan pelanggan frustrasi. Komunikator yang tegas dapat mendengarkan dengan baik keluhan pelanggan, kemudian membangun, memahami dan memecahkan masalah pelanggan dengan cepat. Jadilah seorang komunikator yang tegas agar pelanggan Anda tetap setia.

4. Memberikan Informasi yang berguna melalui Semua Saluran Media

Sekarang ini, banyak sekali permintaan melalui semua saluran komunikasi mungkin, seperti media sosial, website, dan iklan. Untuk tetap menjaga produk Anda, hal termudah untuk mengisi saluran tersebut adalah dengan memberikan konten dengan tujuan promosi. 

5. Ambil Keuntungan dari Kepuasan Pelanggan

Media sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk meminta pelanggan Anda testimonial kepuasan terhadap produk Anda. Selalu berikan respon, meskipun, respon tersebut negatif atau positif. Respom negatif memberikan Anda kesempatan besar untuk dengan cepat mengatasi dan memperbaiki keluhan pelanggan.

6. Perlakukan Pelanggan Seperti Diri Sendiri

Satu hal besar untuk menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan kepentingan pelanggan Anda. Misalnya, Anda seorang dokter hewan, ambilah gambar pasien dan mempostingnya ke media sosial (dengan izin pemiliknya). Promosikan blog pelanggan atau sesuatu yang menarik, mereka akan menghargai perhatian ekstra ini, dan akan membalas dalam bentuk testimonial yang baik.

7. Jangan Pernah Menipu atau Membohongi Pelanggan

Menipu pelanggan Anda mungkin menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan sesuatu dalam jangka pendek. Tetapi dalam jangka panjang orang akan meragukan kejujuran Anda. Dan tidak ada yang lebih penting dalam penjualan daripada kepercayaan. 

8. Komunikasikan dengan Jelas

Pilih bahasa yang jelas saat berkomunikasi dengan pelanggan. Katakanlah apa yang Anda maksud denga jujur. Jika Anda membuat kesalahan, cobalah meminta maaf dengan tulus. Jujur, empati, dan komunikatif terhadap pelanggan merupakan langkah yang sangat baik.

9. Hubungi Secara Pribadi Pelanggan Anda

Auto-responder menjadi populer karena murah dan mudah. Sayangnya, hal itu juga yang mereka membuat pelanggan Anda kurang merasa diperhatikan. Jika keterlibatan pelanggan benar-benar penting bagi Anda, cobalah merespon setiap keinginan pelanggan Anda secara langsung. Apakah itu melalui email, media sosial, atau menelepon secara langsung.

10. Pastikan Karyawan Anda Ikut Terlibat

Kecuali Anda adalah orang satu-satunya yang berkomunikasi dengan pelanggan. Karyawan Anda akan memainkan peran penting dalam memastikan keterlibatan dengan para pelanggan. Jika mereka tidak terlibat, bagaimana mungkin mereka bisa mempertahankan pelanggan untuk tetap setia.