Berita


2017-01-16   1,133

3 Alasan Mengapa Tak Ada Kata Terlambat Untuk Menjadi Seorang Sociopreneur

Masih banyak yang beranggapa bahwa waktu yang paling tepat untuk memulai berbisnis adalah saat masih berusia muda, nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Beberapa orang yang sudah memasuki usia lanjut nyatanya masih memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menjadi seorang sociopreneur, setidaknya ada 3 alasan kuat mengapa tak ada kata terlambat untuk memulai berbisnis di usia lanjut: 

  1. Pengalaman

Usia kamu mungkin sudah tidak muda lagi, namun dengan usia sekarang nyatanya kamu sudah memiliki banyak pengalaman yang akan sangat membantu dalam memulai berbisnis di usia senja. Pengalaman yang pernah kamu alami ini bisa menjadi bekal yang mungkin tidak akan dimiliki oleh anak-anak muda yang memulai berbisnis dengan modal pengalaman yang tidak sebanyak yang kamu punya. 

  1. Jaringan

Sukses atau tidaknya sebuah bisnis sangat berkaitan erat dengan jaringan yang dimiliki pelakunya. Sebagai seorang yang sudah memiliki pengalaman yang banyak, tentunya juga akan memiliki jaringan yang luas pula. Ini adalah alasa kedua yang menguntungkan untuk siapa saja yang ingin memulai berbisnis saat sudah memasuki usia lanjut. Manfaatkanlah jaringan yang sudah kamu miliki untuk mempermudah menjalankan bisnis yang kamu punya. 

  1. Modal

Beberapa orang anak muda yang ingin mencoba untuk memulai menjalankan sebuah bisnis seringkali terhambat karena tidak memiliki modal yang besar. Meskipun untuk memulai bisnis tidak sepenuhnya harus memiliki modal yang besar, namun dengan uang yang kamu miliki sekarang nampaknya sangat lebih dari cukup untuk memulai sebuah bisnis. Tidak adanya modal bukanlah alasan yang begitu berarti bagi orang yang sudah memiliki investasi di masa tuanya. Kelebihan ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam memulai berbisnis. 

Dari tiga alasan tersebut, maka sudah tidak ada lagi kendala yang menghambat kamu untuk memulai bisnis di usia lanjut. Bisa dikatakan, ini merupakan kelebihan yang sudah kamu punya yang mungkin tidak dimiliki oleh para pengusaha yang memulai bisnisnya di usia muda.