Berita


2015-06-01   1,147

3 Cara Bikin Bisnis Anda Makin Peduli Sosial

Aktivitas tanggung jawab sosial sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan sejak lama. Namun, di situasi bisnis yang begitu dinamis seperti sekaran banyak mengubah pakem yang berlaku. Sehingga perusahaan harus melakukan penyesuaian.

Awalnya, CSR hanya diartikan sebagai kegiatan dermawan yang dilakukan oleh divisi humas sebuah perusahaan. Namun, pandangan yang lebih dalam menganggap CSR sebagai “hati nurani” perusahaan untuk berbuat baik dan menanggapi krisis yang terjadi.

Lalu, bagaimana menjadikan kebaikan tersebut sebagai “napas” perusahaan?

1.         Tanamkan Kebaikan pada Model Bisnis

Cara ini bisa jadi alternatif bagi perusahaan yang enggan membuat program khusus CSR. Contoh perusahaan yang melakukan cara ini adalah penyalur alat tulis kantor Chalkfly yang menyisihkan lima persen dari pendapatnnya untuk disalurkan bagi guru-guru. Sehingga mereka tak perlu membeli alat tulis dengan koceknya sendiri.

2.         Libatkan Komunitas

Banyak perusahaan yang menggandeng komunitas ke dalam model bisnisnya. Dukungan terhadap komunitas yang biasanya diisi anak-anak muda ini sangat penting untuk dilakukan demi menanamkan kesadaran brand jangka panjang.

3.         Tingkatkan Integritas

Saat manajemen perusahaan melakukan kesalahan, citra buruk itu akan terungkap  melalui media. Namun, jangan sampai isu tersebut memengaruhi performa mereka yang ada di bawahnya. Untuk hal ini, integritas memang sangat dibutuhkan guna terus memberi pelayanan terbaik bagi pelanggang. Sehingga bisa melunturkan isu yang belum sepenuhnya terbukti.