Berita


2015-01-06   1,147

4 Langkah Menjadi Socialpreneur

Socialpreneurship menjadi hal yang semakin lazim dewasa inin. Banyak orang yang berbisnis dan menjadi seorang socialpreneur, ada yang bertahan ada yang tidak. Menjadi socialpreneur yang sukses bukan merupakan hal yang selalu mudah, karena seiring berjalannya waktu, ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi, jika menyerang menghadapi tantangan, kita akan kehilangan semangat dan ide mengenai apa yang akan kita lakukan untuk membangun bisnis. 

Saudia Davis yang meluncurkan perusahaan GreenHouse Eco-Cleaning memberikan tips bagaimana menjadi seorang socialpreneur yang sukses melalui proses-proses yang telah dia jalani.

Miliki sebuah tim yang memiliki tujuan yang sama

Bisnis kecil berarti harus terfokus pada filosofi kualitas lebih penting dibanding kuantitas. Dalam sebuah tim, sebaiknya Anda memiliki dua tipe orang, yakni orang dengan kemampuan yang sesuai dengan yang Anda jalani, dan orang yang memahami dan mau menjalankan misi perusahaan Anda. Dengan demikian, usaha Anda dijalankan oleh orang-orang yang ingin sukses dan juga memiliki kemampuan untuk itu.


Jalin hubungan dengan berbagai orang

Sebagai seorang social enterpreneur, Anda berusaha agar orang lain tertarik dengan usaha Anda, dan semakin banyak yang tertarik, maka usaha Anda akan lebih leluasa. Tapi di balik itu, pernahkah Anda menawarkan sesuatu untuk orang lain? Intinya adalah bagaimana membangun hubungan yang sama-sama menguntungkan. Tawarkan kepada mereka sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan mereka. Sehingga semua terlibat dalam hubungan yang sama-sama menguntungkan.

Berani mengambil resiko

Tanamkan kepada perusahaan Anda, untuk berani mengambil resiko untuk membuat perubahan. Mengambil resiko bukan berarti sembrono, tapi dilakukan dengan perencanaan matang, percobaan, serta perjudian untuk ide-ide besar, dasar dari kepemimpinan. Libatkan pegawai Anda, dan perkuat mereka dengan kemampuan mengambil resiko yang cerdas, meski pada akhirnya gagal menemui target, namun keberanian mengambil resiko adalah hal yang baik dalam budaya perusahaan Anda.


Jangan Berhenti Belajar

Mungkin ini adalah saran paling lazim, namun memang benar adanya. Dunia enterpreneurship terus berkembang dengan sangat cepat, jika kita tidak belajar untuk berkembang, maka kita akan ketinggalan. Memperkuat diri Anda maupun pegawai Anda dengan pendidikan dan memacu untuk terus belajar akan menguntungkan untuk kelangsungan perusahaan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk belajar dari kesalahan untuk tidak mengulanginya lagi di masa depan. Dengan demikian, perusahaan Anda akan memiliki fondasi yang kuat, pengetahuan menguatkan Anda.

Sebagai agen perubahan, Anda harus jadi panutan yang dapat membuktikan kepada orang lain bagaimana sebuah ide bisa berubah menjadi tindakan, dan tindakan tersebut dapat membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Social enterpreneurship intinya adalah melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat.