Berita


2015-07-01   1,147

4 Tips Menjadi Sosok Pemimpin yang Dikagumi Para Karyawan

Sosok seorang pemimpin sangatlah penting dalam perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan. Seorang pemimpin yang baik akan memperlakukan seluruh karyawannya dengan baik, dengan begitu karyawan akan merasa nyaman dalam bekerja. Berikut ini tips menjadi pemimpin yang dikagumi karyawannya:

1.   Jangan Jadi Diktator

Saat anda terlibat langsung dalam sebuah pekerjaan tim, perhatikanlah dengan baik. Buatlah sebuah rencana kasar kemudian jangan ragu untuk bertanya dan meminta masukan dari karyawan. Dengan meminta pendapat dan masukan dari karyawan, anda tidak akan dicap diktator dan akan dihargai oleh para karyawan anda.

2.   Ungkapkan Apa Adanya

Berkata jujur memang lebih baik meski kenyataannya tidak selalu mengenakan. Ungkapkanlah apa adanya dengan tujuan demi kebaikan. Jangan terlalu memikirkan perasaan kurang enak, selama itu demi kebaikan bersama nantinya.

3.   Selesaikan Masalah Sampai Tuntas

Saat menemukan masalah di kantor, selesaikanlah sampai tuntas dan jangan menunda-nunda masalah hingga berlarut-larut. Semakin sering anda menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, maka karyawan anda akan tahu kepada siapa mereka mencari sumber jawaban dan akan mendengarkan apa yang anda katakan.

4.   Berikan Apresiasi

Sebuah pencapaian yang dilakukan oleh karyawan anda tentunya sudah melewati proses dan perjuangan yang berat. Jangan sungkan untuk mengucapkan selamat. Memberi sebuah apresiasi seperti mentraktir makan malam atau sekedar minum kopi sehabis pulang kerja dapat membuat karyawan anda merasa dihargai.