Berita


2015-06-08   1,147

5 Alasan Mangapa Bisnis Anda Harus Filantropis

Mungkin hampir semua pelaku wirausaha setuju bahwa aktivitas filantropis harus dilakukan. Walau kenyataannya masih banyak yang enggan untuk mewujudkannya karena berbagai alasan. Berikut ini lima alasan mengapa suatu bisnis harus melakukan program sukarela.

1.         Jadi yang Berbeda

Menurut survey yang dilakukan majalah Inc, 89% pelanggan sebuah produk mau berpindah ke produk lain yang peduli pada sebuah masalah nasional. Walaupun harga produk tersebut sama. Sementara itu, 90% pelanggan mengaku hal tersebut bisa menambah keloyalan mereka.

2.         Jaringan Komunitas

Kebanyakan pengusaha mengaku tak punya banyak waktu untuk bersosialisasi walau sebenarnya menjalin hubungan dengan komunitas tidaklah harus meluangkan banyak waktu. Ikut serta dalam pertemuan tahunan atau terlibat event sukarela tidak akan banyak membuang waktu Anda. Dan akan memberi banyak dampak positif yang tidak bisa didapat dari aktivitas promosi tradisional.

3.         “Memanusiakan” Produk Anda

Program charity bisa jadi sumber konten yang kaya bagi media sosial Anda. Dengan begitu perusahaan bisa menyalaraskan posisi produknya dengan pelanggan. Karena, salah satu tujuan konsumen mengikut akun sosial media perusahaan adalah untuk mengetahui kabar semacam ini.

4.         Menjalin Hubungan dengan Figur Komunitas

Aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dengan figur dalam komunitas. Karena mereka adalah sosok yang bisa memberi pengaruh kepada anggota komunitas lainnya.

5.         Pengujian Produk

Jika sebuah perusahaan berencana meluncurkan produk baru, memilih komunitas sebagai testeradalah ide bagus. Cara ini akan membuat mereka merasa diistemewakan. Sementara itu, perusahaan bisa mendapat ulasan sebelum meluncurkannya secara resmi.

6.         Meningkatkan Kekompakkan Pegawai

Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang berkesan akan lebih berkesan ketimbang acara liburan yang sudah sering dilakukan.

7.         Meningkatkan Produktivitas

Orang yang berbagi cenderung lebih bahagia dan sehat. Kondisi ini dipercaya bisa meningkatkan produktivitas dan kepeduliannya pada sesama kolega atau pelanggan.