Berita


2016-10-09   1,133

5 Cara Memperlakukan Pegawai dengan Baik

Membangun satu perusahaan untuk bisa tumbuh dan berkembang itu perlu kerjasama dari semua pihak, termasuk pemimpin dan pegawai. Walaupun kamu berperan sebagai pemimpin dalam perusahaan, bukan berarti kamu bisa memperlakukan pegawai sesuka hati karena kamu membutuhkan mereka untuk mendukung berjalannya perusahaan kamu. Berikut ini ada 5 cara yang bisa kamu aplikasikan untuk memperlakukan pegawai dengan baik:


         1.Hargai Pegawaimu
             Walaupun kamu menempati posisi tertinggi di perusahaan, bukan berarti kamu menyepelekan pegawai yang ada di kantor. Kamu juga bisa belajar dari pegawai yang ada di kantormu, dengarkan kritik apa yang mereka lontarkan dan kamu bisa berdiskusi ringan sama mereka untuk dapat solusi terbaik.

        2.Ajari Mereka Bagaimana Memulai Usaha
            Sebagai pemimpin yang baik, kamu bisa mengajari pegawai kamu bagaimana cara memulai usaha yang baik. Kemungkinan besar mereka akan meninggalkan kamu setelah mereka siap untuk memulai usahanya sendiri, tapi ada hal yang dia ingat bahwa kamulah yang menginspirasi dia untuk menjadi lebih sukses.

        3.Biarkan Mereka Belajar
            Disaat kamu memilih mereka untuk jadi pegawai di kantor kamu, itu berarti kamu sudah siap untuk berbagi ilmu sama mereka. Biarkan mereka banyak belajar tentang perusahaan dari kamu, jangan pernah takut mereka akan meninggalkan kamu. Walaupun akhirnya mereka pergi, percayalah kalau kebaikan akan berbuah kebaikan.

        4.Perlakukan Mereka Seperti Kamu Perlakukan Dirimu Sendiri
           Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memperlakukan pegawainya dengan baik, kalau kamu mau perkataan kamu didengar, kamu juga harus melakukan hal yang sama. Dengarkan apa pendapat yang mau mereka sampaikan, dan jangan pernah menghakimi pegawai kamu kalau mereka berbuat salah, tapi kasih semangat biar mereka tetap bisa belajar dan berkembang.

        5. Cari Tahu Apa yang Mereka Mau
           Setiap pegawai pasti punya keinginan yang mereka harap bisa di dapat dari perusahaannya, untuk itu kamu bisa cari tahu sebenarnya apa yang mereka mau dan butuhkan. Kamu bisa berkomunikasi langsung sama mereka dan kamu juga bisa diskusi tentang apa yang baik untuk perusahaan. Komunikasi yang baik ini juga bisa meningkatkan loyalitas pegawai kamu, jadi pastinya mereka akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan kamu.


          Untuk jadi pemimpin yang baik memang enggak mudah, tapi bukan berarti enggak bisa. Selama kamu mau belajar, pasti kamu akan bisa bertransformasi jadi pemimpin yang dicintai pegawai.