Berita


2015-02-16   1,147

5 Cara Tetap “Hijau” Dalam Bekerja

Bosan dengan polusi di kota tempat kita kerja? Tidak ada salahnya mulai dari diri sendiri untuk lebih peduli lingkungan. Lebih hebat lagi jika bisa menginspirasi rekan kerja. Berikut tips go green yang bisa dilakukan sehari-hari ;

1. Bepergianlah Dengan Cerdas

Untuk jarak yang masih terjangkau cobalah berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralilah ke kendaraan umum. Jika memang harus menggunakan kendaran pribadi, ajak orang lain yang satu arah atau bergabung dengan rekan kerja.

2. Hemat Energi

Intinya, jika tidak dipakai maka matikan. Aktifkan fitur energy saving pada gadget. Cabut kabel yang tetap menyedot listrik walau tak digunakan, seperti charger handphone.

3. Hidup Sehat

Pilih makanan lokal, organik, dan dikemas dengan bahan yang dapat didaur ulang. Kemudian hindari penggunaan carian-cairan pembersih beracun yang biasanya digunakan di kamar mandi atau dapur kantor. Tak ada salahnya juga menaruh tanaman dalam kantor karena itu akan menyaring udara. Dan pilih naik tangga ketimbang lift atau elavator.

4. Kurangi Limbah

Biasakan mencetak laporan pada dua sisi kertas. Penggunaan media digital lebih baik daripada hard copy. Lebih hebat lagi jika perusahaan kita bisa sampai membuat libah dapur menjadi kompos.

5. Hemat Air

Tinggalkan penggunaan air mineral berkemasan plastik. Sebagai gantinya bisa pakai mug yang kita bawa sendiri. Juga tak perlu menggunakan air bersih untuk menyiram tanaman. Bisa menggunakan air hujan yang kita tampung.