Berita


2015-05-05   1,162

5 Kesalahan Bisnis yang Berakibat Fatal

Di tahun 2015 ini begitu banyak strategi bisnis untuk bersaing dengan para kompetitor, dan siapa yang paling kuat, dialah yang berkuasa, dan yang melakukan kesalahan bisa berujung kemunduran dan fatalitas. Apa sajakah kesalahan-kesalahan bisnis yang dilakukan oleh para pebisnis yang dapat berakibat fatal? Apakah Anda menghindarinya, atau justru sedang melakukannya?

  1. Terjebak oleh pasar. Hal itu bisa berakibat fatal karena sesuatu yang populer di masyarakat belum tentu bisa Anda jalankan. Lebih baik Anda menjalankan sesuatu yang Anda ahli di bidangnya dan fokus untuk melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan.
  2. Berpikir kompetitor diam saja. Jika Anda terus berinovasi dan menemukan sesuatu yang baru, maka jangan berpikir bahwa kompetitor Anda diam saja, karena mereka juga akan melakukan yang sama. Maka dari itu, pastikan Anda bisa melakukan sesuatu lebih cepat dengan goalsdan rentang waktu yang realistis. Jika Anda masih berpikiran yang lain tidak berkembang, maka Andalah yang kalah.
  3. Tetap bertahan pada ide lama daripada menemukan ide-ide baru. Ide lama yang berjalan dengan baik di masa lalu belum tentu tetap relevan di masa yang akan datang meskipun Anda pernah mengecap kesuksesan dari sana. Beradaptasi dengan pasar adalah cara paling tepat untuk terus berkembang, jangan pernah stagnan dalam berbisnis.
  4. Berpikir jangka pendek. Meski yang terjadi sekarang sangat penting, namun pendekatan lain Anda butuhkan untuk mencapai target jangka panjang. Berpikir jangka pendek tidak cukup, dan Anda seharusnya berpikir mengenai target jangka panjang dari perusahaan ini. Sambil menjalankannya, Anda juga sambil berusaha mencapai target jangka pendek beriringan dengan visi jangka panjang perusahaan yang Anda jalankan.
  5. Tidak mampu beradaptasi dengan keinginan klien. Meskipun terjebak dalam pasar dapat berbahaya, tapi mengacuhkan pasar juga sama berbahayanya. Penuhi kebutuhan pasar yang mampu Anda penuhi, dengan tetap mampu memenuhi kebutuhan pasar, maka Anda akan tetap menjadi tempat pasar mencari yang dibutuhkan.