Berita


2015-06-22   1,147

5 Manfaat Komunitas bagi Entrepreneur

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Salah satu cara paling ampuh untuk menjaring ide yang berkeliaran adalah dengan terjun ke dalam komunitas. Apalagi di era digital seperti sekarang, tentu bukan hal sulit untuk menemukan komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Berikut ini lima manfaat yang bisa Anda peroleh dari sebuah komunitas entrepreneur.

1. Anda bisa mendapat pengalaman dari rekan-rekan wirausahawan lainnya. Seperti tantangan bisnis yang sedang mereka hadapi. Dengan begitu Anda akan tahu langkah-langkah yang harus diambil seandainya usaha Anda menglami tantangan serupa.

2. Bagi mereka yang baru memulai bisnis biasanya sangat bersemangat. Namun kadang "api" itu mulai redup kala usaha tak mengalami perkembangan. Maka, galilah tips berbisnis dari mereka yang sudah berpengalaman.

3. Bagi wirausahawan yang sudah berpengalaman, jadikan komunitas sebagai media berbagi. Anda bisa menjadi mentor disana. Secara tak langsung, cara ini juga bisa memoles citra perusahaan Anda sebagai ahli dibidangnya.

4. Tak usah diragukan bahwa komunitas adalah "ekosistem" yang ideal untuk mengembangkan jaringan bisnis Anda.

5. Terakhir, dari koneksi yang telah terjalin akan terbuka kesempatan untuk menjalani bisnis baru. Kolaborasi dengan entrepreneur lainnya juga sangat mungkin dilakukan.