Berita


2016-11-01   1,140

5 P di Dunia Sociopreneur

Jadi seorang sociopreneur yang bisa bermanfaat untuk banyak orang itu enggak mudah, diperlukan visi, misi, keberanian, dedikasi, dan faktor keberuntungan. Menurut Profesor Harvard Allen Grossman, wirausaha adalah kegiatan untuk mengejar peluang dari sumberdaya yang ada untuk menciptakan perubahan.

Wirausaha sendiri ada yang berbasis profit dan sosial, tapi tanpa basis profit sebuah perusahaan pasti enggak akan bisa bertahan, dan tanpa basis sosial pastinya enggak akan menguntungkan perusahaan kamu. Makanya biar bisnis kamu bisa tetap bertahan, kamu bisa kombinasikan tujuan profit dan sosial di perusahaan kamu. Berikut ini 5P yang jadi kunci sukses untuk membuat perusahaan kamu jadi perusahaan sosial yang berkelanjutan.

  1. Passion

Kunci sukses jadi sociopreneur adalah melakukan apa yang kamu suka, tapi bagaimana caranya biar bisnis kamu bisa bertahan secara finansial? Pertama, lakukan apa yang kamu sukai dalam berbisnis tapi jangan pernah berpikir kalau kamu akan jadi kaya dengan bisnis kamu itu, buatlah perubahan untuk orang disekitar kamu sedikit demi sedikit dan kamu akan melihat hasilnya dikemudian hari. 

  1. Purpose

Sociopreneur yang sukses pastinya punya purpose atau tujuan yang jelas untuk dicapai, bukan cuma profit yang di dapat perusahaan tapi juga manfaat sosial yang dirasakan banyak orang dari usaha kamu dilakukan. Kamu bisa menjalankan bisnis dengan konsep Return on Change yang menggabungkan keuntungan dan pencapaian tujuan dalam bisnis. Return on Change membantu usaha sadar sosial dan meningkatkan modal usaha melalui komunitas yang kuat dari investor. Mencapai keberhasilan bisnis enggak harus berbahaya buat masyarakat atau lingkungan, dan bisnis sekarang ini harus bisa menggabungkan keuntungan dan tujuan sosial yang jelas untuk menguntungkan semua pihak. 

  1. Plan

Rencana pasti kamu butuhkan untuk mencapai tujuan dari bisnis yang kamu jalankan. Menurut Devin Thorpe, nilai rill dari rencana bisnis adalah mencari tahu apa yang harus dilakukan. Pengujian rencana ini penting biar kamu bisa tahu berhasil atau enggak mewujudkan bisnis yang kamu jalankan dengan cara itu. Sebagai sociopreneur yang baik, ada baiknya kamu selalu mengadaptasi dan menyesuaikan bisnis kamu dengan kebutuhan masyarakat, jadi bisnis kamu tetap bisa bertahan dalam kondisi apapun. 

  1. Partner

Salah satu yang bisa bikin bisnis kamu berhasil adalah partner, kemitraan yang strategis ini bisa bantu bisnis kamu berkembang di tahap awal. Keberhasilan usaha yang berbasis sosial juga tergantung dari banyaknya usaha kamu untuk membangun masyarakat. Kamu juga bisa bergabung sama komunitas sociopreneur yang ada untuk bersama-sama mengubah dunia jadi lebih baik. 

  1. Profit

Punya passion, tujuan, rencana, dan kemitraan yang jelas tapi enggak menghasilkan keuntungan pastinya belum bisa dibilang bisnis. Kamu juga harus bisa buat perencanaan keuangan dari bisnis yang kamu jalankan, tapi karena kamu bergerak di sociopreneur maka kamu bisa membuka pasar untuk orang lain berpartisipasi dan bisa membawa keuntungan juga perubahan sosial.

Untuk jadi sociopreneur yang andal, kamu bisa mempertimbangkan 5P ini untuk dilaksanakan. Jangan pernah menyerah untuk mewujudkan mimpi kamu, karena bisnis apapun enggak akan bebas dari halangan dan rintangan yang akan kamu alami.