Berita


2015-05-29   1,147

5 Strategi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan bisa membuat bisnis semakin bernilai dengan mengedepankan berbagai kegiatan positif. Dalam bukunya yang berujudul “Just Good Business,” Kellie McElhaney, profesor bisnis dan wirausaha dari UC Barkely mengungkapkan, bahwa sebanyak 68% wirausahawan di seluruh dunia sangat fokus pada tanggung jawab sosial perusahaan guna menciptakan sumber pendapatan baru. Di saat yang sama, sekitar 54% leader percaya bahwa aktivitas tersebut bisa memberi keunggulan kompetitif dengan pesaing utama mereka.

Berikut ini strategi yang bisa ditempuh saat menjalani tanggung jawab sosial perusahaan :

1.         Kembangkan Visi Perusahaan

Aktivitas tanggung jawab sosial harus didasari oleh kesadaran terhadap apa yang bisa dilakukan perusahaan. Wirausahawan bisa mengenali lebih dulu apa yang diyakini oleh budaya perusahaan, strategi bisnis yang diterapkan, dan model kesuksesan yang dikejar. Saat semuanya sudah dikenali, Anda baru bisa memilih jenis kegiatan yang sesuai dengan misi perusahaan.

2.         Rencana Jangka Panjang

Setelah mendapat ide program yang sesuai, pikirkan pengaruhnya pada produk Anda. Usahakan jalani program tanggung jawab sosial yang juga mempromosikan bisnis Anda selayaknya praktek bisnis biasa.

3.         Pantau Secara Intens

Meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan secara besar-besaran memang tak ada salahnya. Tapi semua itu akan sia-sia tanpa pengawasan yang berkelanjutan.

4.         Padukan Dengan Kebutuhan Konsumen

Ada kencenderungan perusahaan yang melakukan tanggung jawab sosial mendapat tambahan pelanggan. Untuk itu, tetap penuhi kebutuhan konsumen dengan menjaga kualitas produk.

5.         Tingkatkan Perekrutan yang Berbakat

Dengan melakukan tanggung jawab sosial, perusahaan Anda akan mendapat perhatian dari mereka yang antusias, berpendidikan, dan punya bakat dalam bisnis yang dilakukan atau pada kegiatan tanggung jawab sosial itu sendiri. Manfaatkanlah!