Berita


2015-05-14   1,147

5 Tips jadi Pemimpin yang Lebih Baik

Banyak pemimpin yang muncul dari lingkungan di mana dia mendapatkan mentor yang berbeda-beda saat tumbuh dewasa. Salahs atu contohnya adalah Joshua Conran dari Deksia. Pengalamannya tumbuh dewasa diisi oleh beberapa kelompok yang dia anggap sebagai mentornya, yaitu anggota keluarga, teman, karakter televisi, guru, dan pengarang buku. Joshua mengakui bahwa mereka bukan orang-orang yang menjadi mentor dengan sengaja, tapi dari sanalah Joshua mendapatkan pelajaran mengenai ketangguhan, kejujuran, dan kecerdasan. Ada lima tips yang didapatkan Joshua dari para ‘mentor’-nya, yaitu:

1.         Jadilah orang yang gigih

Ayahnya yang bekerja memotong kayu dan mengikat jerami mengajarkannya mengenai hubungan antara kerja mental dan kerja fisik. Kedisiplinan dan kegigihan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan fisik dapat digunakan untuk melawan tantangan mental. Kegigihan menghadapi keterbatasan fisik dapat membuat semua orang menjadi pantang menyerah.

2.         Cari teman yang jujur

Dari teman-teman yang menemaninya melewati waktu mengajarkannya suatu konsep di mana teman-temannya merupakan orang-orang di mana Joshua berbagi hubungan yang nyata. Teman-teman dapat memberikan pengaruh dalam hidup, fokus pada mereka yang secara aktif mendengarkan Anda, dan mereka akan bicara kepada Anda dan membantu Anda memecahkan masalah dalam hidup.

3.         Belajar memecahkan masalah

Banyak acara televisi yang mendidik dengan karakternya yang khas sehingga kita sangat mengidolakannya sampai ditularkan turun temurun kepada anak cucu kita, dan bagi Joshua, tokoh-tokoh itu adalah Andy Taylor (The Andy Griffith Show), Charles Ingalls (Little House on the Prairie), dan Ben Cartwright (Bonanza).

Masalah-masalah yang dihadapi dan dipecahkan oleh tokoh-tokoh tersebut, meskipun fiksi, bisa jadi sama dengan masalah yang dihadapi di kehidupan nyata, dan kita dapat mengambil pelajaran dari mereka.

4.         Terlibatlah secara penuh

Guru-guru yang pernah mengajar Joshua dijadikannya inspirasi karena seringkali Joshua menghadapi masalah dalam belajar, dan keterlibatan guru secara penuh dan kepeduliannya pada Joshua membuat gurunya sedikit mengubah cara belajar agar dapat sesuai dengan muridnya yang menghadapi masalah. Pelajaran yang didapat adalah guru tersebut terlibat secara penuh untuk memenuhi kebutuhan muridnya, dan sebagai pemimpin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus terlibat secara penuh dengan masalah-masalah yang dapat menghambat.

5.         Serap pengetahuan dari buku

Buku menjadi sahabat Joshua di awal karirnya karena beberapa penulis buku mengajarkannya berbagai hal. Dan Joshua tidak fokus pada satu buku saja, karena membaca satu buku saja bukanlah jalan pada kesuksesan, tapi memahami tujuan membaca secara keseluruhan adalah poin terpenting.

John Donahoe, presiden eBay mengatakan, “Mengejar kehidupan secara utuh dan mengejar keseimbangan merupakan perjalanan dan bukan tujuan.” Dari sini, Joshua menganggap bahwa tidak ada buku mengarahkan Anda pada kesuksesan, dari banyak buku yang ada, terkandung banyak ilmu pula.

Masing-masing orang memiliki mentor masing-masing, dan Anda bisa mendapatkannya dari masing-masing mentor yang Anda miliki, karena mentor tidak muncul begitu saja, tapi Anda sendiri yang harus mendapatkan pengaruh-pengaruh yang membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih baik.