Berita


2015-05-29   1,147

5 Tips Motivasi Pegawai Sering Telat

Untuk memotivasi pegawai di perusahaan Anda agar tiba di kantor tepat waktu, Anda harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik. Menurut Edward, para pekerja membutuhkan beberapa alasan yang logis untuk mereka tiba di kantor tepat pada waktunya. Anda bisa memberikan beberapa insentif kepada mereka atas tanggung jawab yang telah dilaksanakan untuk memotivasi mereka.

Langkah Pertama

Buatlah pertemuan dengan pegawai Anda dan diskusikan waktu kedatangan untuk semua pegawai agar ada kesepakatan, untuk itu Anda sebagai pemimpin dapat memberikan contoh dengan datang tepat waktu agar mereka dapat mencotoh untuk tidak datang telat.

Langkah Kedua

Membuat kesepakatan waktu tertentu yang telah Anda tentukan untuk pegawai Anda mulai bekerja di kantor. Kesepakatan itu dapat dibuat secara lisan atau tulisan serta mendapat pernyataan setuju dari semua pegawai.

Langkah Ketiga

Memberikan motivasi kepada pegawai untuk datang bekerja tepat waktu, dengarkan segala masukan dari mereka dan cari cara yang paling efektif. Anda bisa melakukan pemungutan suara untuk mengambil keputusan yang nantinya akan disepakati bersama, dengan cara seperti ini dapat menciptakan rasa memiliki diantara pegawai sehingga mereka bisa datang tepat waktu.

Langkah Keempat

Laksanakan metode yang telah disetujui oleh pegawai, awasi kedatangan mereka setiap hari apakah sesuai dengan apa yang telah disepakati. Anda bisa memberikan catatan kepada mereka yang tetap datang terlambat ke kantor di atas meja mereka masing-masing, serta berterima kasih kepada mereka yang datang tepat waktu agar mereka merasa bahwa Anda bertanggung jawab mengenali pegawai yang datang tepat waktu.

Langkah Kelima

Berikan sebuah penghargaan pada hari terakhir setiap bulan kepada mereka yang datang tepat waktu setiap hari seperti insentif tambahan. Mungkin dapat dengan memberikan makan siang gratis atau dua tiket menonton film gratis.