Berita


2015-07-10   1,147

5 Tips Yang Harus Diketahui Para Socialpreneur Muda

Menjadi seorang socialpreneur dengan omset yang cukup besar merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi setiap pelakunya. Bagaimana hal tersebut dapat diraih dan dipertahankan bukanlah sebuah perkara yang mudah. Beberapa pelaku socialpreneur bisa saja berhasil diawal namun tidak bisa mempertahankannya karena beberapa kecerobohan. Bagi anda para socialpreneur muda, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa tips berikut ini agar menjadi seorang socialpreneur yang sukses:

1.   Jaga Kekompakan Tim

Kesuksesan yang perusahaan anda raih bukanlah hasil kerja satu orang saja, melainkan ada unsur tim didalamnya. Jagalah kekompakan tim agar tidak terjadi kesalah pahaman yang dapat merugikan bagi perusahaan. Rajinlah melakukan evaluasi dan hubungan yang terbuka agar budaya perusahaan yang menyenangkan dapat selalu terjalin antara satu sama lain.

2.   Keuntungan Besar Bukanlah yang Utama

Seorang socialpreneur yang sukses tidak melulu memikirkan tentang keuntungan yang besar sebagai patokannya. Ada hal lain yang juga penting untuk dicapai seperti perkembangan sosial yang terlibat dalam perusahaan dan hasil yang sudah dibuat apakah sudah memberikan manfaat atau belum. Buatlah kedua hal tersebut menjadi acuan disamping menjadikan keuntungan yang besar agar anda benar-benar menjadi seorang socialpreneur yang berhasil.

3.   Tetap Berinovasi

Cari tahu kembali, apakah konsumen anda sudah puas dengan produk yang anda buat? Jika belum, hal tersebut haruslah dikaji ulang karena kepuasan konsumen adalah suatu hal yang sangat penting. Namun, jika konsumen sudah merasa puas dengan produk yang anda buat, jangan lalu membuat anda merasa cepat puas. Lakukanlah beberapa inovasi agar produk anda tetap menjadi sesuatu yang terbaik.

4.   Karyawan Adalah Kunci

Posisi anda sebagai pemimpin perusahaan tidak akan ada artinya tanpa adanya karyawan. Carilah karyawan yang memiliki semangat kerja yang tinggi agar tujuan anda dalam membangun usaha dapat berjalan dengan lancar. Ada kalanya anda bertindak jadi pemimpin, namun harus tetap menjada hubungan dengan karyawan agar karyawan merasa dekat dan nyaman dalam melakukan pekerjaannya.

5.   Jangan Mudah Menyerah

Kegagalan merupakan hal yang sering ditakutkan oleh seorang socialpreneur muda, denga begitu kegiatan mereka berjalan dengan lamban. Kegagalan mungkin saja terjadi, namun hal itu dapat memberikan pengalaman yang berharga dalam menjalani usaha yang anda jalani. Jangan mudah menyerah saat mengalami kegagalan, karena anda tidak tahu kesuksesan sudah menanti di depan mata.