Berita


2015-06-16   1,147

6 Aksi Peduli Lingkungan Untuk Bisnis Anda

Banyak cara untuk jadi yang berbeda dari pesaing bisnis Anda. Salah satunya dengan menjadikan usaha Anda lebih “hijau”. Berikut ini 6 aksi peduli lingkungan yang bisa diterapkan pada perusahaan Anda.

1.         Hindari penggunaan kertas berlebih. Kalaupun harus mencetak, perusahaan bisa menggunakan kertas post-consumer waste (PCW). Atau setidaknya kertas dengan logorecycling pada kemasannya.

2.         Gunakan cairan biodegradable. Dengan menggunakan produk biodegradable, perusahaan bisa menekan limbah beracun yang dihasilkan cairan pembersih. Perusahaan juga bisa menggunakan sabun, sampo, dan deterjen yang ramah lingkungan.

3.         Gunakan Lampu LED. Walau harganya lebih mahal, tapi lampu jenis ini terbukti lebih hemat energi dan mampu bertahan lebih lama.

4.         Ganti peralatan kantor lama dengan yang lebih baru. Karena teknologi modern cenderung lebih hemat energi.

5.         Lakukan audit energi dengan bantuan organisasi non-pemerintah. Di negara maju, cara ini banyak dilakukan perusahaan besar untuk menekan pemborosan energi. Seperti yang terjadi akibat kebocoran pipa dan sebab lainnya.

      6.         Ajak pegawai untuk menggunakan transportasi publik atau sepeda. Bahkan jika memungkinkan,            perusahaan bisa menggunakan mobil hybrid sebagai kendaraan operasional.