Berita


2015-05-01   1,162

7 Kunci Sukses Startup

Dewasa ini, banyak orang memulai bisnis sebagai basis usaha mandiri agar tidak perlu bekerja di tempat lain. Dengan menciptakan bisnis, maka socialpreneur pun dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Meski memulai merupakan hal yang menantang dan terkadang sulit, apalagi di kondisi ekonomi seperti sekarang. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan persiapkan sebelum memulai bisnis, yaitu:

1.         Pemilihan waktu yang tepat

Pemilihan waktu yang tepat berarti dua hal. Pertama, memilih waktu yang tepat untuk meluncurkan usaha Anda dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti naik turun industri, kemajuan dan kejatuhan kompetitor, keuangan, dan keadaan pribadi Anda. Kedua, lengkapi terlebih dahulu rencana bisnis Anda agar Anda dapat membuat keputusan-keputusan yang tepat untuk memulainya. Berbisnis tidak perlu terburu-buru dan persiapkan sebaik mungkin untuk meminimalisir kegagalan.

2.         Buat anggaran sebaik mungkin

Memiliki anggaran yang banyak tidak akan berguna jika Anda tidak bisa mengaturnya dengan baik. Jangan dulu memulai sampai Anda memiliki rencana anggaran yang baik dan sangat-sangat detail, dan jangan sampai ada bagian yang luput. Jika Anda tidak pandai menyusun anggaran, maka sebaiknya Anda tarik orang untuk melakukan itu.

3.         Disiplin

Disiplin artinya mampu mawas diri dan disiplin terhadap anggaran yang sudah Anda susun agar bisnis yang sudah berjalan membutuhkan kedisiplinan di semua bagian. Buat goals-goalsberkala, harian/mingguan/bulanan dan prioritaskan waktu Anda untuk bisnis ini, karena bisnis yang baru dimulai lebih susah untuk dijalankan daripada perusahaan yang sudah berjalan. Dengan kedisiplinan, kita mampu fokus pada target yang telah dituju, dan akan tetap berada pada standar kerja yang seperti itu.

4.         Kemampuan bersosialisasi yang baik

Perbanyak sosialisasi, terlebih jika Anda atau tim Anda mengenal mereka yang menjadi ‘tokoh’ atau orang yang berada di posisi yang baik di industri yang Anda geluti, atau mungkin mereka yang berminat untuk berinvestasi di bisnis Anda, maka Anda ada dalam posisi yang tepat. Namun, jika tidak, Anda harus memanfaatkan sebaik mungkin jaringan yang Anda miliki dan cari peluang-peluang untuk berjejaring dengan orang-orang yang berpengaruh. Yang terpenting dalam bisnis adalah memiliki jaringan dan hubungan-hubungan yang baik dengan banyak orang, orang dan jaringan baru, maupun menjaga jaringan dan orang-orang yang sudah ada.

5.         Fleksibel

Banyak hal dalam bisnis yang tidak berjalan sesuai rencana dan jika tidak sesuai, Anda harus fleksibel untuk memodifikasi atau memulainya dari nol kembali. Dalam bisnis, berbagai faktor yang tidak bisa diduga dapat memaksa Anda untuk mengubahnya. Yang terpenting adalah rencana bisnis Anda fleksibel dan tidak kaku, dengan demikian Anda tidak terlalu terfokus pada satu rencana di saat tidak berjalan sesuai dengan harapan Anda pada awalnya.

6.         Uang

Ini sudah jelas merupakan hal yang diperlukan, dan Anda yang bisa memutuskan sebesar apa uang yang Anda butuhkan, sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan dan juga sebesar apa bisnisnya. Cara mendapatkannya? Banyak, mulai dari uang Anda sendiri, investor, atau pinjaman. Pilihan ada di tangan Anda, ambil sumber dana yang paling sesuai untuk perusahaan Anda.

7.         Memiliki rencana jangka panjang dan berkelanjutan

Business plan yang telah Anda susun harus dijalankan dengan tekun, pastikan semua orang di dalamnya memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk menjalankan bisnis tersebut. Anda dan tim harus mau terjun langsung bekerja keras di lapangan, karena yang penting bukan apa yang Anda lakukan, tapi Anda tahu cara melakukannya sendiri.