Berita


2015-01-26   1,147

Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

Bagi mereka yang selalu terhubungan dengan pekerjaan kadang dua puluh empat jam dalam satu hari tidaklah cukup. Belum lagi kita tetap harus membagi waktu dengan teman atau keluarga. Hal ini membuat waktu jadi begitu berharga.

Berikut tips cara membagi waktu ;

1. Buat Daftar Hal-hal yang Harus Diselesaikan

Sebelum kita mengatur waktu, kita perlu tahu apa yang harus kita atur. Membuat daftar hal yang harus dikerjakan berdasarkan prioritasnya bisa membantu kita lebih memahami mana yang harus dikerjakan lebih dulu.

2. Kerja pada Porsi Seimbang

Bekerjlaha pada porsi yang memungkinkan. Kerjakan tugas kantor anda setiap hari dengan asumsi dapat selesai pada tenggat yang ditentunkan. Seperti misalnya, pada pagi hari kerjakanlah apa yang bisa anda kerjakan lebih dulu. Baru kerjakan tugas lain yang punya tenggat lebih lama.

3. Fokus Pada Waktu Produktif Anda

Sebagian orang begitu semangat saat pagi hari sementara lainnya produktif saat siang. Fokuslah pada jam-jam tersebut.

4. Kerja Dengan Interval Waktu

Bekerja selama satu jam kemudian selingi waktu anda sebentar untuk refresh pikiran dan tenaga.

5. Istirahat

Istirahat bertujuan untuk mengembalikan stamina anda. Bekerja secara terus menerus hanya akan menurunkan produktifitas.

6. Catat Perkembangan Pekerjaan

Mencatat tugas yang akan dikerjakan dan tandai yang telah diselesaikan. Ini membantu psikologi Anda untuk terus semangat.

7. Perbarui Daftar Tugas

Selalu perbarui daftar tugas yang telah dibuat dalam waktu yang regular. Anda dapat menggunakan teknologi seperti fitur Task yang tersedia perangkat mobile.

8. Pergi Bersenang-senang

Saat sedang mengerjakan proyek besar kadang kita menghadapi tekanan yang tinggi. Luangkan waktu untuk bersenang-senang. Karena itu akan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Tidak perlu terlalu banyak tapi pastikan Anda melakukannya.

9. Tidur Cukup 

Tak yang dapat menggantikan tidur 7 sampai 8 jam sehari. Saat bangun pagi Anda akan meresa segar dan otak dalam kondisi prima untuk menjalan semua tugas kantor.

Sumber : http://www.wikihow.com/Manage-Your-Time

Sumber Gambar : http://www.the-program-manager.com/wp-content/uploads/2013/01/Agenda.jpg