Berita


2015-01-04   1,147

Bagi beberapa pengusaha, pemasaran melalui media sosial menjadi sebuah trend yang harus dimanfaatkan

Bagi beberapa pengusaha, pemasaran melalui media sosial menjadi sebuah trend yang harus dimanfaatkan. Peran media sosial dalam dunia pemasaran begitu pesat. Data menurut Hubspot, Sebanyak 92% koresponden menyatakan media sosial merupakan hal yang penting bagi membesarkan bisnis mereka. Selain itu, Social Media Examiner menyimpulkan bahwa 97% dari pebisnis saat ini berpartisipasi dalam media sosial, namun 85% dari mereka masih ragu apakah media sosial merupakan saluran yang tepat untuk digunakan.

Data tersebut menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi besar untuk meningkatkan angka penjualan. Akan tetapi, kurangnya pemahaman tentang bagaimana untuk bisa memanfaatkan media sosial media masih dirasa kurang. Kita akan paparkan bagaimana media sosial dapat memajukan peluang bisnis Anda.

1. Cepat Terkenal

Setiap kesempatan yang Anda miliki memiliki indikasi untuk meningkatkan nilai lebih produk Anda. Sosial media hanyalah salah satu kanal baru agar brand Anda semakin dikenal. Hal ini menjadi sangat penting karena secara simultan membuat pelanggan semakin dekat dengan produk Anda.

2. Loyalitas Meningkat

Berdasarkan laporan Texas Tech University, sebuah brand yang memiliki kanal media sosial memiliki loyalitas yang tinggi kepada para pelanggannya. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa sebuah perusahaan harus bisa mengambil keuntungan dari media sosial untuk menghubungkan mereka dengan para pelanggannya. Studi lain yang dipublikasikan oleh Convince&Convert menemukan bahwa 53% orang Amerika yang mengikuti merek sebuah brand di media sosial cenderung lebih loyal.

3. Peluang untuk Mempengaruhi

Setiap konten yang dibuat pada platform media sosial adalah kesempatan bagi pelanggan untuk terpengaruh. Secara bersamaan Anda akan memiliki akses ke pelanggan baru, dan pelanggan lama lalu berinteraksi dengan mereka semua. Setiap konten yang berisi blog, gambar, video, atau komentar menimbulkan call to action bagi seseorang, dan setiap reaksi yang akhirnya akan terpengaruh. 

4. Tingkat Pengaruh Semakin Tinggi 

Hasil pemasaran melalui media sosial dapat meningkatkan pengaruh yang lebih tinggi dalam berbagi cara. Mungkin cara yang paling signifikan menjadikan merek dapat berinteraksi melalui saluran media sosial. Media sosial adalah tempat di mana merek dapat bertindak seperti manusia.

5. Meningkatkan Kualitas Produk

Berinteraksi dengan pelanggan secara teratur merupaka itikad baik bagi pelanggan lain. Ketika orang memberikan pujian atau kritik atas produk atau layanan, mereka akan beralih ke media sosial. Dan ketika mereka menyebutkan nama produk Anda, pelanggan baru akan menantikan perkembangan selanjutnya. Semakin banyak orang yang berbicara tentang produk Anda di media sosial, produk Anda akan berharga dan berwibawa bagi pelanggan baru. Belum lagi, jika Anda berinteraksi dengan seseorang yang memiliki pengaruh besar pada Twitter atau jejaring sosial lainnya, merek dagang Anda akan meroket.

6. Ruang Lingkup Semakin Besar

Tanpa media sosial, ruang lingkup produk Anda hanya sebatas orang-orang yang sudah mengenal produk Anda. Semakin banyak konten berkualitas yang menjelaskan produk Anda di media sosial, lingkup yang masuk Anda akan semakin besar dan tentunya akan menghasilkan benefit yang besar.

7. Menghemat Biaya Pemasaran

Menurut Hubspot, konten pemasaran selama enam jam per minggu sudah cukup untuk menghasilkan daya tarik produk Anda di media sosial. Enam jam bukanlah investasi yang signifikan untuk saluran besar seperti media sosial. Jika Anda dapat meluangkan satu jam sehari untuk mengembangkan strategi konten, Anda bisa mulai melihat hasilnya. Bahkan Anda bisa memanfaatkan fasilitas iklan di Facebook dan Twitter yang relatif murah.

8. SEO Semakin Baik

SEO adalah cara terbaik untuk membuat produk Anda mudah dicari menggunakan mesin pencari seperti google.com. Pastikan judul Anda dioptimalkan dan menyertakan link yang menunjuk kembali ke situs Anda. Google dan mesin pencari lainnya menghitung peringkat menggunakan kehadiran media sosial sebagai faktor penting. Dengan demikian, aktif di media sosial bisa menjadi "sinyal produk" yang sah, kredibel, dan dapat dipercaya oleh mesin pencari. 

9. Kualitas Customer Service Meningkat

Pada intinya sosial media adalah saluran komunikasi seperti layaknya email atau telepon. Setiap interaksi dengan pelanggan di media sosial adalah kesempatan untuk menunjukkan tingkat layanan kepada para pelanggan dan memperkaya hubungan. Sebagai contoh, jika seorang pelanggan mengeluh tentang produk Anda di Twitter, Anda bisa segera meresponnya dengan komentar, meminta maaf secara terbuka, dan mengambil tindakan untuk benar. Jika pelanggan memberikan apresiasi, Anda dapat berterima kasih dan merekomendasikan produk tambahan.

10. Informasi Kepada Pelanggan Meningkat

Media sosial memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan informasi berharga bagaimana perilaku pelanggan Anda di media sosial. Sebagai contoh, Anda dapat memantau komentar pengguna untuk melihat apa yang orang pikirkan tentang bisnis Anda secara langsung. Anda dapat mengukur pengaruh yang ditimbulkan berdasarkan promosi yang berbeda di berbagai saluran media sosial dan akhirnya menemukan kombinasi sempurna untuk menambah pundi-pundi penghasilan.