Berita


2015-03-18   1,147

Berani Kembangkan Usaha di Bisnis Berbeda

Memulai sebuah bisnis bisa jadi merupakan hal besar yang Anda lakukan dalam hidup. Anda akan mempersiapkan segalanya agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Namun, bagaimana dengan memulai bisnis ke dua sambil Anda menjalankan bisnis pertama? Apalagi bisnis kedua yang hendak Anda mulai sangat berbeda 180 derajat dengan bisnis Anda yang terdahulu.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mulai mencoba untuk memahami kebutuhan pasar. Bisnis yang paling masuk akal adalah bisnis yang muncul dari kebutuhan yang sangat besar dari pasar. Meski terkadang kita ragu untuk masuk ke dalam dunia yang tidak kita terlalu kenal, tapi dengan memahami apa yang dibutuhkan, maka Anda berpeluang untuk sukses di bidang tersebut. Selama ada permintaan pasar, maka selalu ada celah untuk memulai bisnis baru.

Untuk menjalankan bisnis baru yang tidak berhubungan, tentu banyak hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, dan jika Anda kini memiliki sebuah ide bisnis, lakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Kembangkan ide tersebut, resapi selama beberapa lama agar Anda dapat mengembangkan ide tersebut dengan detail, dan pikirkan mengenai waktu yang Anda miliki untuk mengembangkan bisnis lain.
  2. Jika Anda menjalankan bisnis dari tempat kerja, tentukan apakah Anda memiliki waktu lebih setidaknya dua jam sehari untuk fokus di bisnis lainnya, meski hanya dua jam sehari, tapi jika Anda fokus, Anda dapat menyelesaikan berbagai hal sedikit demi sedikit.
  3. Pertimbangkan lokasi Anda menjalankan bisnis baru, jangan terlalu jauh dari bisnis Anda yang pertama agar Anda dapat memonitor satu sama lain dengan mudah. Anda akan menemukan masalah baru jika tempat usaha Anda berjauhan lokasinya.
  4. Persiapkan peluncuran bisnis Anda dengan baik karena launching sebuah bisnis Anda hanya memiliki waktu sekali untuk memberikan kesan yang baik. Jika Anda berbisnis online, pastikan situs Anda berjalan dengan baik, jika Anda membuka toko fisik, pastikan semua sudah dipersiapkan dengan baik. Pada skala tertentu, Anda dapat mempertimbangkan mengundang media dan organisasi yang terkait dengan bisnis Anda.
  5. Pastikan Anda bergairah untuk menjalankan bisnis ini. Akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki gairah dan berminat dalam menjalankan bisnis tersebut daripada jika Anda mengejar keuntungan semata. Gairah tersebut yang akan memicu Anda membuat ide-ide brilian ke depannya.

Sekali lagi, memulai bisnis yang berbeda dengan bisnis Anda yang lainnya dapat menambah perbedaan terhadap keuntungan finansial Anda, membantu Anda menguasai ekonomi yang terus berubah-ubah. Terlebih jika bisnis Anda yang pertama tidak terlalu sukses, Anda dapat memperbaiki di bisnis lainnya dan bahkan memberi Anda inspirasi bagaimana meningkatkan penjualan karena bercermin dari bisnis Anda yang baru. Jadi, jangan takut untuk memulai bisnis baru, dengan gairah dan passion yang tinggi, maka Anda berada di pintu gerbang menuju kesuksesan.