Berita


2017-02-06   1,035

Cara Membuat Bisnis Berkelanjutan

Menjalankan bisnis dalam waktu yang cukup lama tentunya cukup gampang-gampang susah. Bagaimana sebuah perusahaan harus tetap kuat melawan pesaing lamanya, belum lagi ancaman dari beberapa pelaku baru di industri serupa. Dalam hal ini, tentunya dibutuhkan kemampuan yang tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan dalam jangka waktu pendek, namun juga memperhatikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. 

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan perusahaan yang memilih untuk melakukan kebijakan untuk mencapai keuntungan dalam jangka waktu pendek biasanya akan mementingkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat, dan dalam hal ini biasanya konsumenlah yang akan merasa dirugikan oleh langkah yang diambil oleh perusahaan tersebut. Dampak negatifnya, konsumen akan meninggalkan produk atau jasa dari perusahaan tersebut dan berpindah ke perusahaan lainnya. 

Adapun cara lain yang oleh beberapa oran dinilai tidak begitu memberikan keuntungan yan besar dalam jangka waktu yang pendek, namun nyatanya memberikan keuntungan yang sangat baik di jangka waktu yang panjang sehingga membuat bisnis yang dilakukannya bisa tetap berjalan dan berkelanjutan. Cara yang kedua ini adalah cara terbaik karena akan mendapatkan tempat di hati konsumen sehingga produk atau jasa ini bisa bertahan lama. 

Cara ini sebaiknya menjadi pilihan yang harus dipilih para pelaku industri apapun di dunia bisnis agar bisnis yang dijalaninya bisa terus bekelanjutan. Meski keuntungan yang didapatnya bisa dikatakan tidak begitu besar, namun sangat ampuh untuk bisa membuat bisnis ini bertahan lebih lama ditengah persaingan dan hadirnya pelaku baru di industri yang sama. Dengan kata lain, memperhatikan kepuasan konsumen adalah kunci yang paling tepat untuk bisa mempertahankan bisnis dalam waktu yang lebih lama, tidak hanya sekedar mementingkan keuntungan dalam jumlah besar semata yang hanya memberikan keuntungan sesaat.