Berita


2015-01-12   1,147

Cara Memperkuat Impresi Visual Brand Anda

Saat ini penggunaan konten visual pada dunia marketing begitu diminati. Media sosial yang fokus pada konten visual seperti Pinterest, Instagram, atau Snapchat memegang peran penting dalam hal ini.

Visual branding merujuk pada hal-hal seperti apa konten media sosial visual anda terlihat. Baik itu profile picture, cover photo, dan yang terpenting adalah apa yang Anda posting pada media sosial tersebut.

Konten visual yang baik sangat penting karena manusia akan lebih cepat mencerna konten visual ketimbang yang lainnya. Dan konten visual telah terbukti meningkatkan interaksi dengan pengguna lebih efektif. Socialbakers melakukan penelitian yang membuktikan bahwa 93% post berupa konten visual lebih menarik daripada sekedar status atau link.

Berikut empat hal penting yang perlu dipamahi dalam melakukan visual branding ;

1. Pemilihan Warna yang Konsisten

Jika kita perhatikan suatu produk yang sudah terkenal, kita akan lihat mereka mereka menggunakan warna yang sama secara berulang-ulang. Baik itu pada logo, teks, bahkan foto. Menggunakan warna yang sama secara berulang-ulang bisa membantu konsumen agar cepat familiar dengan produk.

Memahami psikologi warna juga dapat membantu marketer untuk menciptakan perasaan tertntu pada calon konsumen. Warna yang dipilih juga harus merefleksikan brand yang hendak dipasarkan. 

2. Pemilihan Huruf Sesuai dengan Kepribadian Produk

Seperti halnya warna, pemilihan huruf hendaknya disesuaikan dengan kepribadian produk. Kita dapat memilih huruf yang strong atau simple. Lucu atau elegan? 

Sebuah brand baiknya memiliki tiga jenis huruf yang digunakan secara konsisten. Tiga huruf tersebut biasanya digunakan untuk title/heading, subtitles, dan untuk isi teks.

Sebagai panduang, gunakan huruf yang berukuran lebih besar sebagai judul. Jenis atau ukuran yang lebih kecil bisa digunakan untuk subjudul. Dan pemilihan huruf untuk body teks haruslah yang mudah terbaca.

3. Gunakan Foto yang Baik

Hanya posting foto dengan tema yang konsisten. Foto-foto tersebut bisa didapat dari penyedia layanan stock photo. Atau jika kita mengambil foto sendiri, pastikan tema yang dibuat selalu konsisten.

Perhatikan juga penggunaan filter yang terdapat di media sosial. Kita dapat menggunakan filter untuk memeberikan mood tersendiri. Seperti menggunakan filter Corona untuk memberikan nuanasa musim panas.

4. Gunakan Template untuk Efisiensi Waktu

Selain untuk menghemat waktu saat melakukan disain, penggunaan template bisa menambah konsistensi dalam hal komposis. Seperti peletakan logo pada posisi yang sama. Buatlah template untuk tiap media sosial karena tiap media sosial menetapkan ukuran konten visual berbeda agar dapat diunggah.


Sumber : http://blog.hubspot.com/marketing/strong-brand-voice-social-media

Sumber Gambar : http://thenextweb.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2013/12/branding.jpg