Berita


2017-04-18   1,140

Jangan Takut Terlambat untuk Berinvestasi!

Saat ini banyak orang mencoba berinvestasi dengan harapan bisa memetik hasilnya di masa depan, tapi ada sebagian orang yang merasa dirinya terlambat untuk mulai berinvestasi. Padahal berinvestasi sendiri tidak dibatasi usia, jadi tidak masalah memulai investasi kapan saja karena tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Cobalah untuk berinvestasi di reksa dana!

Untuk berinvestasi di reksa dana tidak ada batasan umur. Yang penting adalah kamu memahami produk reksa dana yang ingin kamu beli termasuk risiko yang melekat pada produk tersebut.

Meski demikian, harus disadari bahwa pemahaman terhadap produk pasar modal, walaupun sudah secanggih apapun, tetap ada perbedaan besar antara orang yang di masa pensiunan dengan orang yang di masa produktif.

Para pensiunan, meskipun punya jumlah uang yang cukup besar, tapi sudah tidak memperoleh pendapatan bulanan. Mungkin sebagian mendapat masih manfaat pensiun dari BPJS Kesehatan dan perusahaan tempatnya bekerja, tapi umumnya nilai ini tidak sebesar penghasilan ketika di masa produktif.

Tidak adanya penghasilan bulanan, menyebabkan toleransi orang terhadap risiko semakin rendah. Ibaratnya waktu masih produktif, ketika rugi orang masih bisa berpikir “tidak apa-apa, uang masih bisa dicari”. Tapi kalau sudah pensiun, pikiran seperti ini sulit ada karena itulah satu-satunya uang yang dimilikinya.

Untuk itu, bagi kamu, para pensiunan, yang berminat untuk melakukan investasi, dana yang digunakan haruslah benar-benar tidak akan mengganggu kebutuhan masa tua kamu. Jadi, kamu harus mengetahui berapa dana pensiun yang dimilikimu baik yang dibayarkan secara sekaligus ataupun berkala, menghitung kebutuhan pensiun dan baru berinvestasi dari sisanya jika ada.

Untuk menghitung secara tepat kebutuhan pensiun, diperlukan keahlian mengoperasi kalkulator keuangan. Sebab sumber pendapatan dana pensiun kita ada yang berbentuk pembayaran kas sekaligus, berkala setiap bulan ada pula yang berbentuk aset. Alternatifnya, kamu bisa menghubungi perencana keuangan profesional atau agen penjual reksa dana yang memiliki sertifikasi perencana keuangan untuk membantu anda. Segeralah berinvestasi, agar hidup lebih tenang di masa mendatang.