Berita


2015-02-02   1,147

Kesalahan yang Dilakukan Socialpreneur Muda

Menjadi socialpreneur memang baik dilakukan sejak masih muda. Meski tidak ada guide step by step yang benar-benar harus diikuti, namun ada beberapa hal yang harus dipelajari dari enterpreneur yang mengalami kegagalan di masa lampau. Meski kesalahan adalah bagian dari hidup dan banyak yang dapat Anda pelajari dari sana, namun kesalahan yang sudah pernah dilakukan dapat Anda pelajari untuk tidak diulang oleh Anda selagi masih muda. Berikut adalah 11 kesalahan yang dilakukan oleh socialpreneur muda:

1. Tanpa tujuan dan visi

Tidak memiliki visi dan tujuan dan berujung pada tidak mengetahui apa yang ingin dicapai. Memiliki usaha berarti memiliki tujuan dan itu merupakan hal yang mendasar. Dengan memiliki tujuan, berarti kita mencari jalan yang benar menuju tujuan tersebut. Selain itu kita bisa menarik orang-orang yang bekerja dengan kita untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Tidak fokus

Memiliki berbagai bisnis dan tidak fokus karena pada akhirnya percuma saja jika Anda memiliki berbagai bisnis namun tidak sukses karena Anda tidak fokus. Lebih baik memiliki satu business plan dan Anda fokus di dalamnya. Kesuksesan tidak diraih secepat dan semudah membalikkan telapak tangan dan membutuhkan waktu dan upaya. Fokus di satu bisnis membantu Anda untuk meraih kesuksesan.

3. Tidak mengakui kesalahan

Jika Anda melakukan kesalahan, maka harus Anda akui dan perbaiki, karena jika tidak Anda akui, maka kesalahan akan menumpuk dan menjadi masalah lain. Meski Anda merasa bahwa rencana bisnis yang akan dilakukan sudah matang, jika terjadi kesalahan hendaknya dievaluasi, dan jangan keras kepala saat menerima saran dari orang lain.

4. Tidak mendengarkan

Belajar mendengarkan saran dari orang lain, siapa tahu mereka memiliki pengalaman dan saran-saran yang dapat membantu bisnis untuk terus tumbuh. Jika Anda terus berbicara kepada orang tapi tidak mau mendengarkan, maka Anda tidak akan sukses. Apalagi terkait dengan kerjasama dengan orang lain, jika Anda banyak berbicara, maka mereka tidak akan menerima hal tersebut.

5. Serakah

Banyak pengusaha yang masuk ke dunia bisnis karena uang semata. Jangan terlalu memikirkan uang, tapi keberlangsungan usaha yang Anda jalani dan masa depannya. Dengan demkian uang akan mengikuti.

6. Berbicara tanpa melakukan apa-apa

Kebanyakan berbicara mengenai usaha yang Anda jalani, dan apa yang akan Anda lakukan hanya akan sia-sia jika Anda tidak melakukan apa-apa. Jangan membicarakan usaha yang akan Anda rintis sampai sudah benar-benar berjalan.

7. Menghabiskan banyak waktu mengembangkan, tapi tidak menjual

Kebanyakan pebisnis online melakukan banyak cara untuk mengembangkan produk-produk berkualitas tapi berujung gagal memasarkannya karena menghabiskan waktu untuk memperbaiki dan mengembangkan produk. Tidak peduli sebagus apa barang yang Anda buat, jika tidak dipasarkan akan percuma.

8. Tidak ada business plan

Tidak memiliki business plan merupakan sebuah kesalahan karena dapat berujung kegagalan. Dengan memiliki business plan, maka usaha Anda akan lebih baik karena Anda sudah mengatur segala sesuatu mengenai usaha yang Anda jalani, dan mengetahui darimana hasil usaha itu akan datang.

9. Tidak sabaran

80% bisnis gagal karena pengusahanya yang tidak sabar. Kebanyakan bisnis menjadi sukses setelah bertahun-tahun, setelah melewati kerja keras dan kesabaran untuk mencapai kesuksesan.

10. Tidak cukup modal

Jangan memulai usaha dengan modal mencari gratisan, jika Anda harus meminjam, lebih baik meminjam saja karena jika Anda benar-benar serius, uang dapat dikembalikan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, terkadang Anda harus membayarkan sejumlah uang meski uang bukanlah segalanya.

11. Bekerja sendirian

Jangan bekerja sendirian, tapi cari dukungan dari banyak orang agar waktu Anda tidak dihabiskan untuk melakukan berbagai hal sendirian. Anda juga bisa mendapat bantuan dari pebisnis lainnya, dengan cara berjejaring dengan mereka.