Berita


2015-07-08   1,147

Kiat Sukses Menghadapi Persaingan Pasar Global

Tahun 2015 Indonesia secara resmi ikut andil dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kondisi dimana semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kesempatan yang sama didalam memasaran produknya ke seluruh negara anggota ASEAN. Beberapa dari kita merasa belum siap menghadapi kenyataan tersebut. Perlu adanya perbaikan di berbagai bidanga agar kita mampu bersaing  di pasar global.

Beberapa hal yang perlu dibenahi agar sukses menghadapi pasar global antarbangsa ini seperti peningkatan sumber daya manusia, inovasi produk dan ekspansi pasar. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, sumber daya manusia negara kita memang cukup tertinggal, hal tersebut dapat kita siasati dengan meningkatkan kemauan untuk memperbaiki potensi yang kita miliki. Banyak belajar mengenai apa saja dan mengikuti perkembangan kemajuan tekhnologi agar dapat mengikuti perdagangan global. Melakukan inovasi produk juga harus dilakukan agar produk kita mampu bersaing dengan produk sejenis dari negara lain. Menciptakan sesuatu yang baru atau pengembangan dari produk yang sudah ada perlu dilakukan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam menghadapi pasar global adalah ekspansi pasar. Bagaimana caranya agar produk yang kita buat dapat dipasarkan lebih luas. Dengan kemajuan zaman dan kehadiran internet, semua warga antar bangsa memiliki kesempatan yang sama dalam peluang ekspansi pasar tersebut.

Akhir tahun 2015, kabarnya MEA akan benar-benar dijalankan dan kita harus siap menghadapi persaingan pasar global tersebut. Jika kita sudah melakukan persiapan matang seperti yang dijelaskan diatas, maka tidak menutup kemungkinan kita dapat sukses dalam menghadapi persaingan pasar global ini