Berita


2015-03-13   1,147

Langkah-langkah Memulai Usaha

Saat akan memulai bisnis, kita perlu melakukan beberapa persiapan. Menyangkut masalah finansial sampai memenuhi peraturan atau setidaknya kebiasan dalam iklim bisnis yang hendak digeluti. Berikut beberapa langkah saat hendak memulai suatu bisnis.

1. Buat Business Plan

Identifikasi sumber daya Anda dan tentukan business plan yang akan menjadi panduan tertulis bagaimana Anda akan mengembangkan perusahaan.

2. Perdalam Pengetahuan

Mungkin Anda telah merasa ahli dalam bidang yang akan digeluti. Tapi tak ada salahnya mencari seminar-seminar gratis untuk menyegarkan pengetahuan terkait bisnis yang akan dijalankan.

3. Pilih Lokasi Bisnis

Berlaku untuk Anda yang hendak menjalani bisnis offline, pilih lokasi yang potensial.

4. Tentukan Sumber Dana

Bisa dari modal yang Anda telah miliki. Atau ditambah pinjaman yang berasal dari bank.

5. Tentukan Bentuk Kepemilikan

Bagi yang baru turun ke dunia bisnis, mungkin belum berpikir sejauh ini. Tapi setidaknya Anda memiliki gambaran. Apakah perusahaan Anda akan berbentuk PT, firma, cv, yayasan, atau lainnya.

6. Daftarkan Usaha Anda

Daftarkan perusahaan Anda ke peremintah. Dengan begitu perusahaan Anda akan menjadi usaha legal yang memiliki dasar hukum. Anda akan membutuhkan Notaris untuk masalah pembuatan akta pendirian perusahaan.

Setelah masalah pendanaan dan legal rampung, jalankan usaha sesuai dengan naluri sociopreneur Anda. Tentunya Anda punya gaya sendiri dalam mengembangkan bisnis impian.