Berita


2015-02-28   1,147

Lima Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memulai Sebuah Perusahaan Sosial

Tak mudah untuk mencari pintu masuk menuju dunia social entrepeneur. Pasalnya, tak setiap entrepeneur bisa mengabaikan keuntungan.

Selain itu, Anda harus menemukan filosofi yang pas dalam menjalankan peran social entrepeneur. Semoga, lima tips berikut bisa mencerahkan Anda.

1. Pendekatan untuk membangun platform

Tidak seperti bisnis tradisional yang terstruktur untuk mencari keuntungan. Seorang social entrepeneur dapat memilih satu dari tiga pilihan metode. Ketiga pendekatan itu yakni menyumbangkan keuntungan berdasarkan persentase, berafiliasi dengan komunitas atau kegiatan amal, dan penggalangan dana.

2. Memahami manfaat korporasi dan inkubator bisnis

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah organisasi telah membantu dunia social entrepeneurship. Mereka bisa menjadi sumber untuk dukungan finansial.

3. Bermimpi besar, tapi memulai dari sesuatu yang kecil

Proses menjadi bagian penting dalam mencapai hasil yang besar. Dalam konteks ini, Anda bisa membangun dasar yang kokoh, kemitraan yang berkelanjutan, dan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan. Jangan lupa, pilih mitra yang relevan dengan skala usaha.

4. Jangan melupakan misi

Orientasi terhadap keuntungan bisa berakibat kegagalan. Tetapi, bila fokus kepada misi dan passion, Anda lebih mudah untuk tetap menelusuri jalur yang ada.

5. Jangan terhalang dengan perubahan konstran

Menunggu tak sekadar berdiam diri. Anda juga harus mencoba. Misalkan, dalam dua tahun, Anda harus menjajal tujuh model bisnis hingga berhasil.