Berita


2017-01-23   1,133

Menjalankan Bisnis Sociopreneur Tanpa Modal

Membangun bisnis pasti diawali dengan modal yang cukup besar karena kamu harus memikirkan biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan proses produksi. Lalu bagaimana dengan bisnis sociopreneur? Bisnis yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan membawa perubahan sosial di lingkungannya ini ternyata bisa kamu jalankan tanpa modal. Bagaimana caranya?

Buat kamu yang mau jadi seorang sociopreneur, untuk pertama kali kamu harus jeli melihat pasar dan peluang yang bisa kamu kerjakan untuk memberdayakan orang di lingkunganmu. Kamu juga harus tahu siapa target penjualan dari produk yang kamu buat, setelah itu yang terpenting adalah membangun kepercayaan dari orang yang ada disekitarmu.

Kepercayaan yang sudah berhasil kamu bangun ini bisa membuat bisnis sociopreneurmu lebih cepat berkembang karena kamu jadi lebih mudah menjual barang atau jasa yang kamu buat. Setelah itu kamu perlu mengembangkan kemampuan komunikasi, dan menelusuri jejaring sosial biar bisnis yang kamu jalankan ini juga bisa mendapat kepercayaan dari orang yang lebih banyak lagi, dan bukan enggak mungkin dari mereka yang percaya sama kamu untuk menjalankan bisnis ini akan mau bekerjasama. Inilah yang dikatakan kalau memulai bisnis sociopreneur bisa dilakukan tanpa modal, karena tanpa kamu sadari kepercayaan adalah hal yang lebih penting untuk memulai usaha dibandingkan modal yang besar.

Biar kamu bisa jadi sociopreneur yang tangguh, bisa menjalankan bisnis yang berkelanjutan juga bermanfaat untuk lingkungan sekitar dan menyelesaikan masalah sosial, kunci utamanya adalah jangan pernah menyerah. Setiap usaha apapun yang dilakukan pasti menemui kendala, anggap semua kendala yang menghampiri itu sebagai tantangan yang harus kamu selesaikan biar bisa berkembang menjadi seorang sociopreneur lebih baik.