Berita


2016-10-15   1,140

Pengaruh Filantrofis Korporat Terhadap Bisnis

            Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kunci keberhasilan untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses adalah dengan memegang teguh filantropis demi kemajuan masyarakat luas. Filantrofis disini berarti menyisihkan sebagian pendapatan perusahaannya yang digunakan untuk kepentingan masyarakat luas, yang sekarang ini lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan ini secara tidak langsung bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat yang menerima dana, namun juga sangat bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri. Apa saja manfaat dan pengaruh filantrofis korporat terhadap bisnis yang Anda miliki?

Meningkatkan Nama Baik Bisnis
Semakin hari, para pemilik perusahaan semakin sadar bahwa filantropi sekarang ini bukan hanya sekedar kesadaran sosial, lebih dari itu sikap dermawan memberikan sebagian pendapatan dari bisnis kepada masyarakat luas bisa memberikan dampak yang sangat baik untuk nama baik perusahaan. Masyarakat akan lebih memilih menggunakan produk/ jasa dari perusahaan yang melaksanakan program CSR seperti ini. Dengan begitu, baik perusahaan atau masyarakat bisa sama-sama merasakan manfaat dari memberi.

Mensejahterakan Masyarakat Luas
Salah satu tujuan utama pelaksanaan program CSR ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat luas melalui beragam kegiatan yang bermanfaat. Semakin banyaknya masyarakat yang merasakan program CSR dari bisnis yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula konsumen yang setia menggunakan produk/ jasa bisnis kamu nantinya.

Motivasi Tersendiri Bagi Karyawan
Kebanyakan karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan yang peduli terhadap sesama, dalam hal ini yang selalu melaksanakan program CSR untuk masyarakat luas, akan memberikan motivasi tersendiri. Dengan motivasi yang tinggi, para karyawan akan bekerja lebih optimal.

Meningkatkan Pendidikan
Program filantropis korporat yang sering kali dilakukan adalah dalam bidang pendidikan. Perusahaan akan menyisihkan dana yang dimilikinya untuk meningkatkan pendidikan melalui bantuan yang diberikan untuk sekolah-sekolah. Dalam program ini, maka secara tidak langsung perusahaan sudah membantu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa demi terciptanya generasi muda yang lebih cerdas.