Berita


2016-10-05   1,140

Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi Untuk Berbisnis

Setiap hari kita pasti melakukan komunikasi dengan banyak orang, karena memang manusia sendiri adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain. Komunikasi ini bukan cuma bisa kamu terapkan dikehidupan pribadimu, tapi juga untuk kehidupan berbisnis. Di dalam dunia bisnis, komunikasi itu penting untuk operasi perusahaan sehari-hari, mempengaruhi penjualan, dan pastinya juga keuntungan yang akan kamu dapat. Tanpa komunikasi yang baik, perusahaan kamu bisa mengalami kendala internal dan eksternal yang enggak menutup kemungkinan akan berdampak sama kehancuran bisnis kamu.

Komunikasi dalam bisnis itu sendiri ada dua jenis, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah ini kamu berikan kepada calon pelanggan untuk menginformasikan apa yang kamu jual, contohnya iklan di majalah atau billboard. Sedangkan komunikasi dua arah ini, kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Cara yang paling umum dipakai untuk komunikasi dua arah adalah pemasaran melalui media sosial, kamu bisa langsung memprospek pelanggan dan juga direspon sama calon pelanggan kamu.

Komunikasi yang baik di dalam dunia bisnis ini bisa berdampak langsung ke penjualan bisnis kamu, karena kamu bisa langsung mempengaruhi pembeli untuk membeli produk yang kamu jual. Kamu juga bisa coba beberapa bentuk komunikasi yang berbeda seperti komunikasi verbal, tertulis, dan bahasa tubuh. Bentuk komunikasi ini berfungsi untuk meminimalisir informasi yang enggak sampai ke target pasar kamu, karena ada beberapa orang yang lebih mudah terima informasi secara verbal seperti testimoni langsung, ada juga yang tertarik untuk membaca seperti iklan di majalah atau billboard, dan lihat bahasa tubuh atau ekspresi yang biasanya dari video.

Komunikasi dalam bisnis ini juga menguntungkan kamu sebagai penjual dan konsumen sebagai pembeli, kamu bisa menjual produk ke konsumen dan konsumen bisa tahu produk apa yang kamu jual dalam bisnis. Tapi perlu diingat, kamu harus melakukan komunikasi yang baik dan lihat juga dari berbagai perspektif biar konsumen yang kamu bidik punya persepsi yang sama.