Berita


2015-03-26   1,147

Strategi CSR Perusahaan Berkembang

Perusahaan kerap menghadapi tantangan untuk melawan berbagai hal-hal di bidang sosial, danCorporate Social Responsibility (CSR) dapat menjadi perlindungan bagi perusahaan Anda untuk melawan tantangan-tantangan tersebut. CSR juga dapat menjadi cara untuk menjaga imageperusahaan Anda saat menghadapi isu-isu sosial dan upaya untuk mengembalikan program reputasibrand mereka dengan cara memberi sesuatu kepada komunitas yang mereka pasarkan produknya. Meski demikian, CSR bukan hanya milik perusahaan-perusahaan besar,

Beberapa perusahaan bisa menjadi cukup terkenal karena program CSRnya yang baik. Hal ini bisa disebabkan oleh semakin besarnya kesadaran dari konsumen atas produk yang mereka konsumsi. Mereka mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli sebuah produk atau menggunakan sebuah jasa, apakah itu material pembuatan, atau bagaimana perusahaan yang akan mereka gunakan jasanya memperlakukan pegawainya, dan lain-lain. Menurut sebuah buku mengenai perilaku konsumen berjudul Spend Shift, terdapat beberapa strategi untuk menyusun CSR, yakni:

Pilih isu yang relevan

Hal ini sangat terkait dengan inti dari bisnis Anda, apakah isu yang relevan dengan perusahaan Anda? Anda harus fokus pada hal ini agar dapat membuat kebijakan CSR yang tepat. Jangan langsung muncul dengan isu yang beragam, mulailah satu per satu, dan Anda dapat mengembangkan yang lainnya nanti.

Cari rekan yang tepat

Jika dalam isu yang Anda fokuskan telah ada organisasi nirlaba yang fokus juga di bidang tersebut, cari organisasi yang paling cocok dengan Anda. Tidak perlu yang terbesar, tapi yang paling memiliki hubungan yang baik dan memberi gairah untuk menginspirasi konsumen serta pegawai.

Bangun kredibilitas

Langkah selanjutnya adalah mengambil sebuah tindakan nyata untuk membuktikan bahwa komitmen Anda itu benar, dan Anda juga membutuhkannya, karena jika Anda hanya mengatakan bahwa Anda hanya fokus terhadap sebuah isu tanpa ada tindakan nyata, maka Anda tidak akan begitu saja dipercayai oleh masyarakat mengenai keseriusan CSR bisnis Anda.

Pengaruhi konsumen Anda

Di langkah ini, Anda harus berhati-hati agar tidak terlihat seperti mengeksploitasi CSR untuk pendapatan semata. Intinya adalah bagaimana Anda menarik perhatian konsumen dan calon konsumen untuk mendukung upaya CSR Anda, baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Maksimalkan dampak yang Anda buat

Langkah terakhir ini digunakan untuk memastikan bahwa kebijakan CSR Anda sesuai dan memiliki dampak terhadap isu yang Anda fokuskan. Apakah sudah sesuai dengan tujuan Anda? Dan apakah bantuan-bantuan yang Anda kumpulkan telah disampaikan kepada yang benar-benar membutuhkan? Karena pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menentukan kesuksesan CSR Anda dan memacu Anda untuk mengoptimalkan upaya Anda.

Membuat kebijakan CSR bagi perusahaan Anda merupakan langkah Anda berhubungan secara langsung dengan masyarakat dan menunjukkan bahwa di luar bisnis yang Anda jalankan, Anda juga ikut peduli dengan keberlangsungan di luar bisnis Anda.