Berita


2015-07-03   1,147

Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Menjadi Seorang Socialpreneur

Kebanyakan dari masyarakat kita mungkin belum banyak mengetahui apa itu socialpreneur. Meski begitu, socialpreneur atau social enterpreneur sekarang ini sudah menjadi usaha pilihan. Beberapa orang baik di dalam maupun luar negeri sudah membuktikan kesuksesannya di bidang ini.

Socialpreneur adalah istilah bagi pengusaha yang menjalankan usaha tidak semata-mata mementingkan keuntungan pribadinya saja, namun juga memikirkan lingkungan sekitar dan komunitasnya agar bersama-sama dalam mencapai kesuksesan. Dengan kata lain, menjadi pengusaha sekaligus menjadi sosok perubahan bagi lingkungan di sekitarnya.

Lalu apa saja syarat menjadi seorang socialpreneur? Hal yang paling utama adalah memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha, memiliki rasa sosial yang tinggi, kreatif dan pandai mengolah ide menjadi sebuah peluang yang dapat menguntungkan banyak orang. Modal tentu saja penting, namun hal itu bukanlah yang utama dalam memulai menjadi seorang socialpreneur. Kuncinya adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan kemampuan sosial, berinteraksi dalam komunitas, dan kemampuan-kemampuan dasar lainnya.

Sebagai pembelajaran di awal, tetaplah optimis saat mendapatkan masalah. Tetap berfikiran positif dan tidak perlu berpacuan pada pendapatan yang besar. Konsisten dalam mengembangkan ide-ide baru yang sesuai dengan keadaan sekarang. Menjaga kekompakan komunitas dalam menjalani visi misi yang sudah disepakati dari awal. Dengan begitu, menjadi sorang socialpreneur bukanlah sebuah hal yang susah dilakukan.

Bagaimana, anda tertarik menajadi seorang socialpreneur? Tidak ada kata terlambat untuk memulainya, lakukanlah dari sekarang!