Penggerak Impian Masyarakat Marjinal

Berawal dari keperihatinan melihat anak-anak di ibu kota yang masih termarjinalkan membuat Alia Noor Anoviar, wanita kelahiran Surabaya, 13 Agustus 1991 ini terinspirasi untuk mendirikan sanggar belajar. Insipirasi Alia berawal saat ia mengerjakan tugas penelitian dari kampus mengenai pembentuk karakter anak di daerah marjinal pada tahun 2011.

Setelah menyelesaikan tugas kampus di daerah Manggarai ini, Alia dan kedua rekannya berniat untuk melanjutkan penelitian mereka menuju tahap pemberdayaan. Namun pada bulan Februari Alia memperoleh beasiswa pertukaran pelajar ke Thailand selama 4 bulan sehingga harus meninggalkan kedua rekannya untuk melanjutkan kegiatan ini.

Berbekal hasil pendidikan yang dia dapat selama di Thailand, Alia mencoba untuk membuka Dreamdelion Cerdas yaitu sebuah Sanggar Belajar yang berada di RW 04 Manggarai dengan modal sendiri. Selain itu, Alia juga mengembangkan Social Bussiness dengan nama Dreamdelion Kreatif. Dreamdelion Kreatif (awalnya bernama Community Empowerment Online Shop atau disebut CEOshop) memanfaatkan masyarakat sekitar untuk dapat berpenghasilan sendiri program ini. Ada juga Dreamdelion Sehat yaitu program vertikultur yaitu dengan memanfaatkan lahan sempit untuk menjadi perkebunan keluarga. yang dikembangkan di RW 08.

Lebih dari 50 orang anak mengikuti kegiatan Dreamdelion Cerdas di setiap pekannya. Dreamdelion Kreatif adalah sektor bisnis yang paling terasa hasilnya. Hasil penjualan kerajinan tangan dapat mencapai omset Rp 40.000.000 tiap bulannya. Kini banyak warga dari RW bahkan kelurahan lain disekitar manggarai meminta untuk dapat dikembangkan seperti yang telah terjadi di RW 04, RW 08 dan RW 12, Kelurahan Manggarai Utara, Kecamatan Manggarai.

Selain ketiga program yang terus berjalan hingga kini, Dreamdelion juga telah mengembangkan sayapnya ke berbagai daerah seperti di Jogjakarta, Ngawi dan berbagai daerah di Indonesia sebagaimana filosofinya, Dream (mimpi) dan Delion (bunga dandelion) yang ingin menyebarkan semangat berbagai melalui bisnis sosial. Selain itu juga Dreamdelion sedang bekerjasama dengan IPB dalam pengembangan budidaya ikan lele didalam tong (BULETONG) yang merupakan bagian dari Dreamdelion Sehat. DSEA’14